Jumat 22 Oct 2021 16:41 WIB

Hari Santri, Wapres Berharap Pesantren Cetak Tokoh Dakwah

Pesantren terus mencetak penerus ulama yang mengikuti perkembangan zaman

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: Dok KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap pesantren terus mencetak penerus ulama dan tokoh-tokoh dakwah yang mengikuti perkembangan zaman. Wapres berharap tokoh dakwah ini bisa beradaptasi di tengah arus digitalisasi.

"Sebab, dakwah secara digital mampu mencapai sasaran dan jangkauan yang lebih luas, dimana saja dan kapan saja," kata Wapres saat memberikan keynote speaker dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional 2021 dan Peluncuran Logo Masyarakat Ekonomi Syariah di Istana Negara, Jumat (22/10).

Wapres menilai, saat ini pesantren memiliki peran lebih strategis, tidak hanya sebagai lembaga dakwah saja tetapi juga sebagai lembaga pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini ditegaskan dalan Undang-Undang No.18/2019 tentang pesantren.

Karena itu, Wapres berharap pesantren menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan bidang keuangan seperti Bank Wakaf Mikro, BMT maupun ultra mikro lainnya. Produk keuangan ini merupakan pendukung upaya pesantren mengembangkan usaha di bidang perdagangan, perikanan, pariwisata dan pertanian sayur-mayur dan buah-bahan.

"Program pemerintah melalui akselerasi ekonomi kerakyatan berbasis pesantren dan komunitas diharapkan bisa mendorong kebangkitan UMKM dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional," kata Wapres.

Wapres menilai terbitnya Peraturan Presiden No.82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren juga merupakan kado istimewa bagi para santri pada peringatan Hari Santri tahun 2021 ini. Menurutnya, Hari Santri yang diperingati tiap  22 Oktober merupakan penghargaan kepada kaum santri atas peran dan pengabdiannya.

"Kaum santri dan seluruh sub-kultur pesantren selalu hadir dalam setiap langkah kebangsaan dan pembangunan kita: sejak era pergerakan menuju kemerdekaan hingga era merajut kemajuan seperti pada masa sekarang ini," kata Wapres.

 

Begitu pun, dalam perjuangan bangsa menanggulangi pandemi Covid-19, Santri juga berperan dalam memberikan teladan dan keyakinan kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi sebagai kunci utama mengatasi pandemi Covid-19.

"Semangat dan keteladanan inilah yang menjadi esensi dari tema Santri Siaga Jiwa Raga," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement