Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Aset Bangsa, Pemerintah Diminta Beri Santri Perhatian Penuh

Jumat 22 Oct 2021 09:50 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Aset Bangsa, Pemerintah Diminta Beri Santri Perhatian Penuh. Ustadz Fadlan Garamatan

Aset Bangsa, Pemerintah Diminta Beri Santri Perhatian Penuh. Ustadz Fadlan Garamatan

Foto: Republika TV/Wisnu Aji Prasetiyo
Santri di daerah sangat memerlukan dukungan pemerintah karena berbagai keterbatasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan hari santri menjadi pengingat perjuangan para ulama dan santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan di masa lampau. Kendati jasa besarnya diakui, pemerintah disebut belum memberi santri perhatian yang maksimal. 

Pendakwah asli Papua Muhammad Zaaf Fadlan Rabbani Al-Garamatan menyebut pemerintah seharusnya memberi santri perhatian maksimal. Hal ini karena para santri adalah aset berharga bangsa dalam menjaga semua nilai negara. 

Baca Juga

"Pemerintah harus mengambil santri menjadi aset negara dan estafet bangsa ke depan. Maka perhatian penuh itu penting. Jadi kalau atas nama pemerintah, jangan melihat sebelah mata tetapi harus secara keseluruhan, secara utuh dalam melihat mereka," jelas pendakwah yang biasa disebut Ustadz Fadlan Garamatan, Kamis (21/10).

Menurutnya, kondisi santri terutama di daerah sangat memerlukan dukungan pemerintah karena berbagai keterbatasan. "Kita lihat mereka itu ada yang pagi makan, siang tidak makan. Malam makan, pagi tidak makan. Padahal kalau kita mau lihat, mereka hidup untuk mengantar kehidupan bangsa ini menjaga ketuhanan yang maha esa," ujarnya. 

Selama ini, kata dia, santri merupakan garda terdepan dalam menyebarkan nilai-nilai Islam yang memang sesuai dengan nilai NKRI. Mereka mengedukasi umat di berbagai tempat, dari pegunungan atau tempat terpencil. 

"Dorongan berupa asrama, fasilitas berupa gedung pendidikan, sarana prasarana, pendukung pendidikan dan juga biaya untuk mendorong guru atau ustadz itu. Mereka berhak karena berupaya mencerdaskan anak bangsa,"katanya.

Pada peringatan hari santri tahun ini, dia juga berpesan kepada para santri mau tampil dan berperan untuk maslahat masyarakat banyak. "Santri itu harus bangkit untuk tampil menjadi orang-orang beriman dan berintelektual yang menegakkan kebenaran sekaligus menjaga kedAlkhaledi Kurnialam

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA