Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Gmail Mudahkan Pengguna Lihat Email Terkirim

Jumat 22 Oct 2021 02:12 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari

Gmail untuk iOS (ilustrasi)

Gmail untuk iOS (ilustrasi)

Foto: Imore
Google buat perubahan mudahkan pengguna lacak ke siapa email dikirim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menulis email di Gmail sangat mudah. Cukup ketuk tombol +, ketik email, subjek, konten orang tersebut dan kirimkan.

Namun, jika itu adalah email yang sangat penting, Anda mungkin perlu memeriksa ulang hal-hal seperti alamat email karena terkadang Anda tidak ingin secara tidak sengaja mengirim email yang salah kepada orang salah, terutama jika email tersebut sensitif.

Baca Juga

Dilansir dari Ubergizmo, Kamis (21/10), Google telah mengumumkan bahwa mereka sekarang akan membuat beberapa perubahan pada jendela Compose yang akan memudahkan pengguna untuk melacak kepada siapa mereka mengirim email. Juga memberi mereka sedikit lebih banyak kontrol atas email mereka.

Misalnya, salah satu perubahan yang dilakukan Google hadir dalam bentuk indikator visual. Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di atas. Sekarang setiap kali Anda memasukkan alamat email seseorang di jendela Compose, maka akan menampilkan avatar orang tersebut sehingga Anda dapat memastikan bahwa itu memang orang yang Anda kirimi email, terutama jika Anda memiliki kontak yang memiliki nama yang mirip.

Google juga memberi pengguna lebih banyak opsi untuk mengontrol nama kontak yang muncul di email. Jadi misalnya jika Anda menyimpan nama staf atau kolega dengan peran mereka di perusahaan, tetapi ingin terlihat lebih profesional, Anda sebenarnya dapat menetapkan nama yang berbeda. Sehingga ketika orang lain menerimanya, mereka akan melihat nama berbeda dari yang Anda simpan.

Google mencatat bahwa ini tidak benar-benar mengubah nama kontak Anda, melainkan apa yang dilihat orang lain ketika mereka menerima email. Perubahan lain juga mencakup penyorotan penerima eksternal, jadi jika Anda mengirim email ke beberapa orang dan beberapa dari mereka tidak ada di perusahaan Anda, alamat email tersebut akan disorot di jendela Compose agar lebih mudah dilihat.

Menurut Google, perubahan ini diharapkan mulai diluncurkan ke pengguna Google Workspace, G Suite Basic dan pengguna Bisnis awal November.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA