Kamis 21 Oct 2021 17:30 WIB

Anggap Batik Bukan dari Indonesia, Miss World Malaysia 2021 Minta Maaf

Miss Wolrd Malaysia 2021 meminta maaf atas peryataannya tentang asal batik.

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Miss World Malaysia - Lavanya Sivaji Dihujat Netizen Indonesia
Miss World Malaysia - Lavanya Sivaji Dihujat Netizen Indonesia

VIVA – Miss World asal Malaysia 2021, Lavanya Sivaji, mendapat kritikan pedas dari netizen Indonesia. Hal ini menyusul dengan unggahan Lavanya Sivaji di akun instagramnya beberapa hari lalu. Dalam unggahannya itu, Lavanya Sivaji terlihat menggunakan dress hitam bermotif batik dengan detail di bagian tangannya.

Yang menjadi perdebatan di unggahannya itu lantaran Lavanya menyebut bahwa dirinya bangga bisa menggunakan kain batik buatan Malaysia dalam malam final Miss World Malaysia 2021. "Saya sangat bersyukur telah diajarkan untuk menghargai keragaman budaya dan saya ingin berterima kasih kepada desainer saya untuk gaun indah ini untuk malam terakhir saya. Saya bangga mewakili negara saya dan saya siap untuk perjalanan yang benar-benar baru," tulis Lavanya Sivaji.

Sontak saja unggahan Lavanya itu kemudian dikritik oleh netizen Indonesia. Sebelumnya, Tidak sedikit dari netizen Indonesia yang mengomentari bahwa Batik berasal dari Indonesia bukan Malaysia.

"Batik itu buatan Indonesia," tulis netizen. "Klaim terus!! Kaga kreatif Luh!," ujar lainnya.

Bahkan seorang netizen pun mengungkap bahwa Batik merupakan asal dari Indonesia dan telah diakui dunia melalui UNESCO.

"Batik Indonesia telah resmi diakui UNESCO dan masuk ke dalam Daftar Representatid sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah (Fourth Session of The Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-Benda yang dilaksanakan di Abu Dhabi. Salam dari Indonesia," ujar netizen.

"Bukannya Batik Asli Dari Indonesia dan Diakui Oleh Dunia. Bahwa Batik Adalah Warisan Budaya Indonesia," ujar lainnya.

Tidak hanya itu saja, netizen juga meminta agar Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji untuk bisa belajar lagi tentang sejarah dan budaya negaranya.

"Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain. Belajar lagi yok biar pintar," komentar netizen.

Sayangnya, kini kolom komentar disetiap postingan Instagram Lavanya pun sudah tak ditampilkan lagi. Ia pun langsung merespons tanggapan negatif netizen Indonesia dengan menyampaikan klarifikasi.

Klarifikasi Miss World Malaysia 2021

Ramainya komentar dari netizen Indonesia terkait unggahan Lavanya Sivaji, membuatnya kemudian angkat bicara. Melalui kolom komentarnya, Lavanya Sivaji meminta maaf jika postingannya yang menggunakan dress batik.

"Hai semuanya! Kepada para pecinta kontes tersayang khususnya di Indonesia. Saya harap kalian semua dalam keadaan sehat. Pertama-tama, saya ingin meminta maaf jika saya telah menyinggung siapapun untuk posting ini. Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya," tulis Lavanya Sivaji.

Lebih lanjut, Miss World Malaysia 2021 itu, menjelaskan bahwa tidak sedikit dari negara lain yang mempraktekkan unsur budaya batik tersebut dengan desain motifnya masing-masing. Dia juga menjelaskan dirinya akan selalu merasa bangga menggunakan batik.

"Namun, tidak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut antara lain Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing. Baik itu Malaysia, Indonesia atau negara lain, saya akan selalu merasa bangga memakai Batik," lanjut unggahannya.

Lavanya Sivaji juga mengucapkan terima kasih kepada para netizen untuk menghormati akar budaya dan tradisi.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah mengingatkan saya untuk menghormati akar, budaya, dan tradisi kita. Setiap kali saya memakai Batik, saya bisa merasakan kekuatan nutrisi dari seorang wanita sejati. Kita memiliki kekuatan super. Kita adalah penyembuh. Kita adalah ibu," tulis Lavanya Sivaji, Miss World Malaysia 2021.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement