Kamis 21 Oct 2021 16:59 WIB

Ikan Mujair Populer Sebagai Sumber Protein

Ikan mujair kian populer karena menjadi salah satu ikan yang kaya protein.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Ikan mujair kian populer karena menjadi salah satu ikan yang kaya protein.
Foto: Pixabay
Ikan mujair kian populer karena menjadi salah satu ikan yang kaya protein.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salmon mungkin menjadi salah satu ikan populer di dunia. Namun, beberapa waktu ini, ikan mujair juga kian menjadi sorotan. Faktanya, ikan mujair menjadi salah satu budidaya paling populer di Amerika Serikat (AS).

Namun terlepas dari popularitasnya, mujair tidak hanya murah dan mudah didapatkan. Mujair juga banyak mengandung manfaat kesehatan, salah satunya kaya protein.

Baca Juga

"Mujair adalah sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh," kata Ahli Gizi Lauren Manaker, dilansir dari eatthis, Kamis (21/10).

Mujair kaya akan protein, yakni sekitar 26 gram protein dalam 100 gram potongan ikan mujair. Sebagai referensi, dalam 100 gram ayam, terdapat sekitar 31 gram protein, dalam 100 gram salmon terdapat 19 gram protein, dan dalam 100 gram daging sapi terdapat 22 gram protein.

 

Makan lebih banyak ikan seperti mujair, tidak hanya dapat membantu kita menghindari makan terlalu banyak daging. Namun, kita akan mendapatkan peningkatan asam lemak omega-3 yang berpengaruh pada fungsi otak.

Manaker mengatakan, mujair juga rendah kalori dan rendah lemak. Hal ini membuat mujair menjadi pilihan yang bagus untuk orang yang mencoba mengatur berat badan dengan cara yang sehat.

Jumlah protein yang dibutuhkan manusia per hari tergantung pada banyak faktor, usia, jenis kelamin, dan kesehatan tertentu. Banyak orang mengubah kadar protein harian mereka berdasarkan diet atau rutinitas kesehatan.

Namun, diet kalori harus ditentukan dengan bantuan seorang profesional. Untuk persyaratan dasar, FDA menyarankan nilai harian setidaknya 50 gram protein berdasarkan diet 2.000 kalori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement