Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Makanan Berlemak yang Baik untuk Kesehatan

Kamis 21 Oct 2021 14:53 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti

Makanan berlemak yang baik untuk kesehatan (ilustrasi).

Makanan berlemak yang baik untuk kesehatan (ilustrasi).

Foto: Pikrepo
Lemak tertentu sangat penting bagi tubuh dan harus dimasukkan dalam makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada seluruh kelompok makanan termasuk lemak yang harus dihilangkan sepenuhnya dari diet Anda. Juga, ada kesalahpahaman bahwa lemak hanya merugikan tubuh.

Bukan itu cara kerjanya. Dilansir di laman foodndtv.com pada Kamis (21/10), lemak tertentu sangat penting bagi tubuh dan harus dimasukkan dalam makanan. Beberapa lemak tidak membahayakan tubuh, tetapi menyediakan unsur-unsur sehat seperti asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. 

Berikut enam lemak yang baik buat tubuh: 

1. Kacang kenari 

Kacang kenari dikemas dengan asam lemak omega 3. Makan kenari secara teratur meningkatkan fungsi otak dan menyehatkan jantung.  

2. Alpukat 

Alpukat dapat dimakan apa adanya atau digunakan dalam berbagai masakan. Lemak dalam alpukat baik untuk tubuh dan membantu mengatur kadar kolesterol. Anda dapat memilikinya di samping makanan Anda dalam bentuk salad alpukat lezat yang mudah dibuat ini.  

3. Biji wijen 

Biji wijen memiliki asam lemak omega 3 dan cara terbaik untuk memasukkannya ke dalam makanan rutin adalah dengan menambahkannya ke berbagai makanan yang Anda siapkan.  

4. Ikan berlemak

Jika Anda non vegetarian dan ingin memilih sesuatu yang bergizi, pilih semua kari ikan yang terbuat dari salmon, tuna, dan trout. Ikan ini mengandung banyak lemak sehat. Lain kali Anda ingin hidangan yang terbuat dari ikan, coba saja salmon panggang dalam mentega tabasco. Anda tidak akan menyesalinya.

5. Keju 

Keju kaya akan nutrisi. Ini membawa vitamin B12, fosfor, dan selenium bersama dengan kalsium. Untuk makanan mudah yang mencakup keju, pergilah ke dapur dan buatlah makaroni keju yang lezat untuk Anda sendiri.

6. Cokelat hitam

Pernahkah Anda memikirkan manfaat kesehatan dari cokelat hitam saat mengunyahnya?  Cokelat hitam memiliki jumlah lemak baik yang sehat. Jadi, milikilah tanpa merasa terlalu bersalah. Anda juga dapat membuat kue coklat hitam ragi yang lezat untuk keluarga Anda dan semua orang akan menikmatinya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA