Kamis 21 Oct 2021 11:59 WIB

Arab Saudi Segera Perkenalkan Paspor Elektronik

Layanan paspor elektronik baru ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Rep: Zahrotul Oktaviani / Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
(Foto: ilustrasi paspor)
Foto: Wikimedia
(Foto: ilustrasi paspor)

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Asisten Menteri Dalam Negeri Bidang Teknis Pangeran Bandar Bin Abdullah Al-Mashari mengatakan dalam waktu dekat paspor warga Saudi akan diganti dengan paspor yang bisa dibaca oleh mesin (MRP). Layanan paspor elektronik baru ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Informasi ini ia sampaikan saat berbicara kepada wartawan selama kunjungannya ke paviliun Kementerian Dalam Negeri Saudi di Dubai GITEX Technology Week 2021 di Dubai World Trade Center.

Pangeran Bandar mengatakan, paspor tersebut akan memiliki chip elektronik yang berisi data pemegang paspor. Chip yang ada dapat dibaca oleh mesin di semua bandara di seluruh dunia.

“Layanan pembaruan KTP warga negara Saudi juga dapat dilakukan dari mana saja di dunia tanpa perlu mengunjungi kantor Status Sipil, dan ID akan dikirimkan ke penerima melalui pos,” katanya dikutip di Saudi Gazette, Kamis (21/10).

Menteri mengatakan, semua instansi pemerintah yang memberikan visa telah mengizinkan pendaftaran biometrik dan sidik jari ketika mengeluarkan visa digital, tanpa perlu mengunjungi kedutaan.

“Layanan ini akan tersedia untuk semua orang, sesuai dengan jadwal yang disepakati antara Kementerian Luar Negeri, dan semua lembaga pemerintah yang terkait dengan masing-masing jenis visa,” lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan rasa bangga atas keberhasilan yang diraih Kementerian Dalam Negeri melalui kehadirannya yang berkelanjutan di Pekan Teknologi GITEX selama tujuh tahun berturut-turut.

Patut dicatat, Kementerian Dalam Negeri tahun ini berpartisipasi dalam acara GITEX melalui lima poros utama, dengan slogan “Solusi Teknis untuk Tanah Air yang Aman”. Pemanfaatan teknologi secara optimal melalui portal Absher kementerian juga dipamerkan di paviliun.

Teknologi ini memungkinkan seluruh pegawai kementerian mengelola keuangan dan sumber daya manusia kementerian, serta menerapkan prosedur internal dan layanan pendukung bagi pegawainya secara digital. Hal ini juga bagian dari menyoroti upaya kementerian dalam melestarikan lingkungan.

Inisiatif kementerian di bidang kreativitas dan inovasi juga ditampilkan kepada pengunjung paviliun, melalui beberapa cara teknis interaktif yang memungkinkan mereka untuk mengetahui upaya dan pencapaian sektor yang berpartisipasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement