Kamis 21 Oct 2021 10:34 WIB

Hindari Rambut Berminyak dengan Cara Ini

Rambut berminyak menyebabkan kulit kepala gatal dan bersisik.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Rambut berminyak (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Rambut berminyak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara berbagai masalah rambut yang dihadapi orang setiap hari, masalah rambut berminyak tetap relevan di hampir setiap individu. Intensitas dan frekuensi rambut berminyak dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain dan hal itu bisa menjadi masalah ketidaknyamanan dan frustrasi bagi semua orang. 

Dilansir di laman Times Now News, Kamis (21/10), rambut berminyak dapat merusak penampilan, menyebabkan kulit kepala gatal dan bersisik, dan dalam beberapa kasus juga dapat menyebabkan jerawat. Folikel rambut memiliki kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak, yang dikenal sebagai sebum, untuk memungkinkan pelembab. 

Produksi sebum yang berlebihan atau akumulasinya dari waktu ke waktu dapat menyebabkan rambut berminyak. Fungsi kelenjar sebaceous berbeda dari satu orang ke orang lain dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti gen, usia, jenis kelamin, gaya hidup, dan banyak lagi. Dalam hal rambut, lurus dan tipis lebih mudah berminyak dibandingkan dengan rambut tekstur lainnya. Hal ini disebabkan oleh kemudahan perjalanan sebum di rambut lurus. 

Beberapa penyebab umum rambut berminyak adalah ketidakseimbangan hormon; kondisi kesehatan yang mendasari seperti dermatitis seboroik, polusi, jenis rambut atau gen; pola makan; dan gaya hidup.

Anda dapat mencegah rambut menjadi berminyak dengan cara memastikan area yang bersentuhan dengan rambut Anda bersih. Hindari penggunaan gel, lilin, atau produk berbasis minyak secara berlebihan pada rambut karena dapat menyebabkan rambut berminyak dan menumpuk atau meninggalkan residu.

Konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang dan amati efek dari setiap makanan dengan bergantian di antara varietasnya. Jauhi gaya hidup tidak sehat dan lindungi rambut Anda dari polusi.

Rawat rambut Anda dengan baik, pelajari tentang jenis dan tekstur rambut Anda, serta pilih produk rambut dengan hati-hati. Hindari menggunakan kondisioner berat dan sampo berminyak. Selanjutnya, hindari keramas berlebihan atau kurang. 

Konsultasikan dengan dokter kulit dan uji rambut Anda untuk memastikan bahwa tidak ada kondisi kesehatan mendasar yang dapat menyebabkan produksi sebum yang tidak sehat. Dokter juga dapat menilai jenis rambut Anda dan merekomendasikan perawatan, pengobatan, dan produk yang ideal untuk menghilangkan rambut berminyak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement