Kamis 21 Oct 2021 10:13 WIB

Film Terbaik tentang Perjalanan Waktu

Film Avengers: Endgame dinilai masih punya kekeliruan soal perjalanan waktu.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Film Interstellar.
Foto: Paramount Pictures
Film Interstellar.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film bertema perjalanan waktu dapat menjadi hit atau hilang begitu saja, tergantung bagaimana mereka menyajikan sains. Jika sebuah film terlalu serius dengan sains, mereka dapat meninggalkan lubang plot yang besar, yang akan dicemooh penggemar genre tersebut.

Bahkan, film Avengers: Endgame yang disokong salah satu raksasa media terbesar di dunia pun dinilai banyak kekeliruan terkait adegan perjalanan waktu. Namun, ada satu hal yang menarik saat melihat pahlawan super melakukan perjalanan kembali untuk menghentikan beberapa bencana besar, atau hanya sekadar menjalani kehidupan yang mereka pikir akan mereka miliki.

Apakah Anda menyukai film yang mendalami genre sains atau yang menggunakan perjalanan waktu sebagai sarana untuk kejahatan? Dilansir di laman Space.com pada Kamis (21/10), berikut film perjalanan waktu terbaik yang pernah ada: 

1. Primer (2004)

photo
Film Primer. - (THINKFilm)

 

Primer adalah film klasik untuk penggemar perjalanan waktu. Dengan anggaran 7.000 dolar AS (sekitar Rp 98 juta), film itu meraup lebih dari 800 ribu dolar AS (sekitar Rp 11 miliar) di box office, yang menjadikannya salah satu film independen paling sukses sepanjang masa. Film ini juga layak mendapatkan kesuksesan, karena membawa sains kepada penonton dengan cara yang mudah diterima pikiran dan membuat penonton menganalisis film itu setelah selesai.

Ketika dua insinyur secara tidak sengaja membuat alat perjalanan waktu selama eksperimen mereka sendiri, mereka mulai menggunakannya untuk keuntungan pribadi. Namun, ketika ideologi mereka tentang pelestarian waktu mulai menyimpang, hubungan mereka diuji. Penonton dapat menonton tayangan yang padat, dan tanpa embel-embel tentang apa arti perjalanan waktu?

2. Terminator 2: Judgment Day (1991)

photo
Film Terminator 2: Judgement Day. - (Tri-Star Pictures)

 

Film aksi perjalanan waktu terkenal Terminator 2: Judgment Day adalah yang terbaik dari semuanya. Dengan efek mutakhir untuk waktu yang masih bertahan sampai sekarang, sekuel karya James Cameron itu menjadi film hebat. 

Ketika Terminator baru, T-1000 dikirim kembali ke masa lalu untuk membunuh John Connor, satu-satunya orang yang bertanggung jawab untuk melindungi masa depan umat manusia, perlawanan futuristik juga mengirim kembali Terminator Arnold Schwarzenegger untuk melindunginya. Schwarzenegger mampu membawa rasa kemanusiaan dan empati pada robot kejam. Plus, T-1000 (Robert Patrick) menjadi penjahat yang identik dengan gagasan pengejaran yang tak henti-hentinya. Film ini adalah film thriller blockbuster murni yang dibukukan oleh kisah perjalanan waktu yang dapat mengubah masa depan semua umat manusia.

3. The Time Traveler’s Wife (2009)

photo
Film Time Travelers Wife. - (Warner Bros)

 

The Time Traveler's Wife berdasarkan novel dengan judul yang sama. Film The Time Traveler's Wife disebut sebagai film romansa menyedihkan. Meskipun memiliki momen romantisnya, komitmen film itu pada kisah yang mendalam dan menarik tentang seorang pria yang tidak dapat mengendalikan gerakannya sendiri sepanjang waktu adalah konsep asli yang dipikirkan dengan matang. Anggap saja lebih sebagai drama fiksi ilmiah romantis.

Saat Henry DeTamble (Bana) melakukan perjalanan melalui waktu, dia tidak dapat mengontrol kapan atau di mana dia muncul. Untungnya, dia sering berada di antara orang-orang yang sama, khususnya calon istrinya, Clare Abshire (McAdams).

The Time Traveler's Wife memiliki premis yang serius. Film ini memungkinkan konsep paradoks dengan hanya memastikan bahwa dia secara langsung memengaruhi apa yang secara teori akan terjadi. Henry mengikuti garis waktu yang ditentukan daripada mencoba melawannya, dan menghasilkan film yang bagus.

4. 12 Monkeys (1996)

photo
Film 12 Monkeys. - (Universal Pictures)

 

Jujur saja, jika seseorang berlari ke arah Anda di jalan dan mengatakan mereka berasal dari masa depan dan kembali untuk menghentikan virus perusak masyarakat, apakah Anda akan mempercayainya? Ketika James Cole (Willis) dikirim kembali ke masa lalu dari 2030 untuk menghentikan penyebaran virus yang menghancurkan, dia ditangkap dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa, karena itulah yang secara realistis mungkin terjadi. Di sana, dia bertemu Jeffrey Goines (Brad Pitt), yang merupakan aktivis antikorporat yang gigih dan pencinta lingkungan.

Dengan cerita yang sungguh-sungguh mengerikan tentang bahaya mencoba campur tangan masa depan, 12 Monkeys menciptakan narasi yang melihat implikasi sebenarnya dari perjalanan waktu. Ini harus dilihat oleh penggemar fiksi ilmiah aksi thriller.

5. Interstellar (2014)

photo
Film Interstellar. - (Paramount Pictures)

 

Ditulis dan disutradarai oleh Christopher Nolan, Interstellar adalah film perjalanan waktu yang menggunakan hukum fisika teoretis untuk mengubah persepsi waktu bagi protagonisnya. Saat film Tenet mungkin merupakan film perjalanan waktu yang lebih langsung, Interstellar melampauinya dalam penulisannya, karakter emosionalnya, dan tontonan perjalanan ruang angkasanya. Setelah sumber makanan di Bumi habis, Cooper (McConaughey) dan tim astronot pergi mencari planet layak huni di luar tata surya. 

Selama perjalanan mereka, waktu bergeser tergantung pada planet tempat mereka berada, atau seberapa dekat mereka dengan lubang hitam di pusat perjalanan mereka. Meskipun tidak ada karakter yang kembali ke masa lalu, mereka mengalami perjalanan waktu dengan seberapa cepat atau lambat persepsi mereka tentang waktu dibandingkan dengan karakter di rumah. Poin yang sangat menarik menggunakan lubang hitam memungkinkan informasi dan komunikasi dikirim mundur.

Film perjalanan waktu terbaik lainnya, yakni Back to the Future, Avengers: Endgame, Looper, Deadpool 2, dan Bill and Ted’s Excellent Adventure.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement