Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dwiyanto Nugraha

Apa itu GB WhatsApp? Apakah Aplikasi ini Aman digunakan?

Teknologi | Wednesday, 20 Oct 2021, 23:15 WIB

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia saat ini yang digunakan lebih dari 2 milyar pengguna. Namun seperti banyak aplikasi lain, WhatsApp yang kita gunakan saat ini belumlah sempurna karena memiliki berbagai batasan yang telah lama dikeluhkan oleh sebagian penggunanya.

Kekurangan inilah yang dimanfaatkan oleh pihak ketiga untuk memodifikasi aplikasi pesan instan WhatsApp dengan menambahkan fitur-fitur yang sudah lama di dambakan oleh penggunanya, salah satunya adalah GB WhatsApp.

Apa itu GB WhatsApp?

Salah satu modifikasi aplikasi WhatsApp yang populer belakangan ini adalah GB WhatsApp (GB WA) alias WA GB. Mod WhatsApp ini dikembangkan oleh pihak ketiga dengan menambahkan berbagai fitur yang telah lama diharapkan oleh pengguna WhatsApp biasa.

Dengan demikian, GB WhatsApp tidak punya koneksi sama sekali dengan pihak WhatsApp Inc.

Fitur GB WhatsApp

GB WhatsApp memberi pengalaman pengguna yang hampir sama dengan aplikasi pesan instan WhatsApp namun dengan beberapa fitur tambahan.

Fitur-fitur tambahan yang ada dalam GB WhatsApp ini antara lain akun WhatsApp ganda pada perangkat yang sama, menyembunyikan tanda terima atau tanda centang telah dibaca, mengirim file video hingga 50 MB, mengirim gambar beresolusi tinggi, fitur balasan otomatis yang hanya ditemukan pada WhatsApp bisnis, dapat menyalin status, dll.

Semua fitur-fitur yang disediakan oleh GB WhatsApp ini tidak akan ditemukan pada aplikasi pesan instan WhatsApp biasa.

Cara Unduh GB WhatsApp

Karena GB WhatsApp merupakan hasil pengembangan pihak ketiga maka tentu kamu tidak akan menemukan aplikasi ini di Play Store.

Itu berarti kamu harus mencari link WA GB ini dari luar Play Store untuk mengunduh dan menginstallnya di hp Androidmu. Pastikan kamu mengunduh aplikasi ini dari situs yang benar-benar terpercaya untuk menghindari resiko malware yang bisa saja ada dalam aplikasi ini.

Apakah Aman Menggunakan GB WhatsApp?

Dari berbagai ulasan, aplikasi GB WhatsApp ini aman digunakan apabila kamu mengunduhnya dari sumber yang benar-benar bisa dipercaya.

Namun sayangnya tidak ada jaminan akun WhatsApp kamu akan aman. Karena pihak WhatsApp telah memberi peringatan kepada setiap pengguna untuk tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga karena dapat menyebabkan pemblokiran akun secara permanen.

Menurut FAQ WhatsApp, "Aplikasi yang tidak didukung seperti WhatsApp Plus, GB WhatsApp, atau aplikasi yang mengklaim dapat memindahkan obrolan WhatsApp antar ponsel, adalah versi WhatsApp yang telah diubah. Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Ketentuan Layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya."

Sangat jelas peringatan dari pihak WhatsApp bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga ini melanggar ketentuan dari layanan WhatsApp.

Walaupun ada peringatan dari pihak WhatsApp, tetap saja banyak pengguna yang ingin mencoba GB WhatsApp dengan alasan fitur-fitur yang ditawarkan dari GB WhatsApp sangat sayang apabila dilewatkan.

Saran saya apabila kamu benar-benar ingin menggunakan GB WhatsApp sebaiknya tidak menggunakan akun utama WhatsApp kamu untuk meminimalkan resiko pemblokiran akun apabila benar-benar terjadi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image