Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Dramatis, Ronaldo Jadi Pahlawan Kemenangan MU

Kamis 21 Oct 2021 04:04 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Joko Sadewo

Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan kemenangan MU atas Atalanta.

Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan kemenangan MU atas Atalanta.

Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Tertinggal 2 gol di babak I, MU akhirnya menang 3-2 atas Atalanta

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Cristiano Ronaldo keluar sebagai pahlawan dalam kemenangan Manchester United (MU) 3-2 atas Atalanta pada lanjutan matchday ketiga Grup F Liga Champions 2021/2022, yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Kamis (21/10) dini hari WIB tadi.

Bermain di hadapan pendukung sendiri MU justru tertinggal dua gol oleh Atalanta melalui Mario Pasalic menit ke-15, dan tandukan bek tengah Merih Demiral menit ke-28.

Setan Merah baru bisa membalikan keadaan pada interval kedua lewat aksi gol Marcus Rashford menit ke-53, Harry Maguire menit ke-75 dan mega bintang Cristiano Ronaldo menit ke-81.

Hasil ini membawa MU naik ke peringkat satu klasemen Grup F dengan perolehan angka enam dari dua menang dan sekali kalah, diikuti oleh Atalanta di posisi kedua dengan koleksi nilai empat.

Sementara itu dua kontestan lain Villarreal berada di kursi ketiga disusul oleh wakil asal Swiss Young Boys sebagai tim juru kunci.

Atalanta langsung mencoba peruntungannya pada menit ke-6 melalui penyerang Luis Muriel. Sayang, tembakan pesepak bola asal Kolombia dari luar kotak penalti masih melayang ke atas gawang David De Gea.

Baca juga : Atalanta Kalah Menyakitkan dari MU, Zappacosta Menyesal

Giliran MU merespon lewat gelandang serang Bruno Fernandes menit ke-10. Tembakan spekulasi dari sisi sebelah kanan gawang Atalanta hanya berujung pada tendangan bebas.

Lima menit berselang publik Old Trafford dibuat terpaku oleh gol Mario Pasalic. Menyisir via kiri pertahanan MU, Davide Zappacosta melepas umpan mendatar yang langsung disambut oleh Pasalic.

Gelandang tengah MU, Scott McTominay terlihat gagal menutup ruang pun pergerakan Pasalic. Skor 1-0 untuk keunggulan La Dea, Atalanta.

Tertinggal gol lebih dahulu membuat MU kebakaran jenggot. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mencoba bermain lebih tinggi dengan membuat Atalanta bermain lebih dalam.

Hasilnya, peluang terjadi pada menit ke-20 lewat pemain tengah Fred. Berawal dari pergerakan cepat Ronaldo melalui sisi kiri pertahanan Atalanta, sang bintang langsung mengirim umpan ke tengah kotak penalti yang ditanduk Bruno Fernandes ke arah Fred.

Sayang, tembakan dengan kaki kiri pemain asal Brasil masih bisa diantisipasi dengan baik oleh penjaga gawang Atalanta, Juan Musso.

Situasi semakin suram bagi tuan rumah MU setelah Atalanta berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 lewat tandukan Merih Demiral menit ke-28. Gol tercipta dari umpan silang Teun Koopmeiners melanjutkan oper tendangan sudut.

Hingga memasuki pertengahan pertandingan Atalanta dinilai lebih baik dalam urusan memanfaatkan peluang menjadi gol. La Dea tercatat melakukan dua tembakan percobaan yang berujung pada gol. Sementara Setan Merah mencatat tiga tembakan dengan hanya dua yang mengarah tepat ke gawang.

Paul Pogba terlihat melakukan pemanasan pada menit ke-35. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer diprediksi akan melakukan perubahan pada lini tengah MU yang memang tampil dibawah ekspektasi pada dini hari ini.

Marcus Rashford memiliki peluang untuk memperkecil kedudukan pada menit ke-42. Namun sayang, penyerang asal Inggris terlalu lama melepas tembakan yang membuat bek tengah Atalanta Demiral berhasil melakukan tackling bersih sekaligus merebut bola.

Rashford kembali mendapatkan peluang emas, kali ini tembakannya mengenai tiang gawang Atalanta. Hingga peluit turun minum berbunyi skor 2-0 untuk keunggulan Atalanta tetap bertahan. Solskjaer pun diklaim harus melakukan perubahan dalam skema permainan di tubuh Setan Merah.

Baca juga : Muhammad Jadi Nama Bayi Populer di Inggris

Memasuki interval kedua pelatih Ole Gunnar Solskjaer tak melakukan pergantian pemain. Akan tetapi, penampilan anak-anak Setan Merah langsung menyengat lini pertahanan Atalanta.

Cristiano Ronaldo membuka peluang pertama bagi MU pada menit ke-48. Tembakan dengan kaki kanan dari tengah kotak 16 Atalanta masih mampu diblokir bek lawan.

Terdapat empat percobaan MU hingga menit ke-50 termasuk Rashford yang melepas tembakan spekulasi dari luar kotak penalti yang berbuah sepak pojok.

Gol!, MU sukses memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui gol Rashford menit ke-53. Menerima umpan terobosan Bruno Fernandes Rashford langsung melepas tembakan menggunakan kaki kanan dari arah sebelah kiri bersarang ke sudut kanan gawang Juan Musso.

Pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini melakukan rotasi dengan menarik keluar Luis Muriel digantikan oleh Duvan Zapata menit ke-56.

Tuan rumah nyaris menyamakan kedudukan andai tendangan jarak dekat McTominay pada menit ke-58 tak membentur tiang gawang sebelah kanan Juan Musso.

MU melakukan rotasi pemain pada menit ke-66 dengan memasukan Paul Pogba menggantikan McTominay dan menarik Rashford digantikan Edinson Cavani.

De Gea menunjukkan kelas, dua percobaan emas Duvan Zapata dari jarak dekat masih bisa diantisipasi. Bola yang bergerak bebas jatuh tepat di kaki Ruslan Malinovsky.

Gelandang serang Ukraina, Malinovsky tak membuang kesempatan dengan langsung melepas tembakan keras yang kembali dipatahkan oleh kiper MU, De Gea.

Publik Old Trafford bergemuruh pada menit ke-75 setelah sang kapten Harry Maguire berhasil memaksa Musso untuk memungut bola dari dalam gawangnya untuk kedua kali. Skor imbang menjadi 2-2.

Gol Maguire membuat para pemain MU bangkit, pemilik tiga gelar Liga Champions kali ini memegang kendali permainan yang berbalik menjadi tekanan untuk Atalanta.

Kerja keras MU terbukti, Atalanta kehabisan bensin setelah Ronaldo membalikan keadaan menjadi 3-2 lewat tandukannya usai menerima umpan terukur Luke Shaw pada menit ke-81. Skor 3-2 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Baca juga : Barcelona Menang Tipis 1-0 atas Dynamo Kiev

 
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA