Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Bank Kalsel Maksimalkan PAD Tanbu Lewat e-Retribusi

Rabu 20 Oct 2021 23:50 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Bank Kalsel mendukung upaya meningkatkan pendapatan asli daerah melalui program pelayanan retribusi elektronik atau e-retribusi di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Bank Kalsel mendukung upaya meningkatkan pendapatan asli daerah melalui program pelayanan retribusi elektronik atau e-retribusi di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Foto: istimewa
program e-retribusi merupakan salah satu inovasi dan komitmen Bank Kalsel

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Bank Kalsel mendukung upaya meningkatkan pendapatan asli daerah melalui program pelayanan retribusi elektronik atau e-retribusi di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. 

Plt Direktur Utama Bank Kalsel, IGK Prasetya di Banjarmasin Rabu mengatakan, program e-retribusi merupakan salah satu inovasi dan komitmen Bank Kalsel untuk berkontribusi terbaik bersama pemerintah daerah. Melalui e-retribusi, kata dia, selain mempermudah pembayaran, diyakini juga akan mampu mendorong peningkatan pendapatan asli daerah, khususnya di Tanah Bumbu dan mengurangi penggunaan uang tunai.

Sebelumnya, Bank Kalsel juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Disdagri Tanah Bumbu tentang Penerimaan Pembayaran Retribusi Pelayanan Pasar Pemerintah Daerah Secara Elektronik Di Kabupaten Tanah Bumbu pada 7 Juli 2021. Program tersebut, kata dia, telah disosialisasikan sebagai bagian dari langkah nyata dan komitmen dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah Bank Kalsel, melalui Kantor Cabang Batulicin bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu.

Sosialiasi bertujuan mengenalkan cara pembayaran retribusi pasar yaitu sewa toko ataupun kios, yang kini sudah dapat dilakukan melalui mobile banking Bank Kalsel maupun melalui teller di kantor Bank Kalsel. Terdapat lima pasar di Kabupaten Tanah Bumbu yang telah terhubung dengan layanan pembayaran ini, yaitu Pasar Pusat Niaga Bersujud di Kecamatan Simpang Empat, Pasar Batulicin di Kecamatan Batulicin.

Selain itu, Pasar Nusa Indah di Kecamatan Angsana, Pasar Raya Bumi Pangeran di Kecamatan Kusan Hilir dan Pasar Sudan Raya di Kecamatan Satui.Kepala Disdagri Tanah Bumbu Deny Hariyanto mengatakan terima kasih kepada Bank Kalsel atas sinergi bersama dalam mempermudah layanan bagi pedagang.

"Alhamdulillah, sosialisasi hari ini diikuti dengan antusias oleh para pedagang. Terima kasih atas kerja sama Bank Kalsel dalam komitmen bersama mempermudah pembayaran retribusi pasar. Kami berharap kerjasama dengan Bank Kalsel ini semakin solid," tutur Deny.Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Perdagangan Disdagri Tanbu Yovi S Rakhmatullah mengatakan, e-retribusi kerja sama dengan Bank Kalsel, sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada pedagang dalam membayar retribusi.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA