Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

SMP dan SMAIT NFBS Bogor Gelar Leadership School

Rabu 20 Oct 2021 18:33 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Nurul Fikri Boarding School Bogor dengan slogannya Educating The Future Islamic Leaders menjadikan pembangunan karakter kepemimpinan sebagai agenda wajib ada di SMA dan SMP IT Nurul Fikri Bogor. Salah satu agenda yang rutin diadakan yaitu Leadership School II (LS II).

Nurul Fikri Boarding School Bogor dengan slogannya Educating The Future Islamic Leaders menjadikan pembangunan karakter kepemimpinan sebagai agenda wajib ada di SMA dan SMP IT Nurul Fikri Bogor. Salah satu agenda yang rutin diadakan yaitu Leadership School II (LS II).

Foto: NFBS
NFBS berusaha bangkitkan potensi siswa lewat leadership school

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Nurul Fikri Boarding School Bogor dengan slogannya “Educating The Future Islamic Leaders” menjadikan pembangunan karakter kepemimpinan sebagai agenda wajib ada di SMA dan SMP IT Nurul Fikri Bogor. Salah satu agenda yang rutin diadakan yaitu Leadership School II (LS II).

Agenda yang diselenggarakan pada bulan September - Oktober 2021 ini bertujuan untuk menguatkan konsep diri santri, menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran terhadap potensi diri dan karakter pemimpin pada diri siswa/i, menumbukan dan mengembangkan kesadaran dan kepedulian siswa mengenai permasalahan bangsa Indonesia dan umat Islam, serta pembiasan penerapan nilai-nilai NFBS (SMART) dalam kegiatan sehari-hari. 

Dalam agenda LS II SMA, pada bulan September 2021, kepala SMAIT Nurul Fikri Bogor, Lukman Fajar Purwoko, M.T. mengungkapkan tujuan utama dari agenda Leadership School II ini adalah dapat mengenali potensi masing-masing pada diri setiap siswa untuk bersiap menjadi pemimpin masa yang akan datang sehingga tema yang diusung adalah “Lead Yourself before Leading Others”. 

Melalui program Leadership School II ini, diharapkan siswa dapat memiliki sikap Acceptance terhadap apa yang dimiliki saat ini sehingga memahami konsep diri yang utuh. Pemahaman konsep diri akan menuntun para calon pemimpin bisa mengatur dan memimpin diri sendiri, keluarga, masyarakat dan umat pada masa yang akan datang.

Sementara, agenda LS II SMP bertemakan “Dream Believe Achieve”. Ketua pelaksana, Ariyanto Pamungkas, menyampaikan overview kegiatan, kepanitiaan, dan disiplin positif yang didukung kegiatan Seminar Pengendalian Diri oleh Hapid, M.Si. Upacara pembukaan LS II SMP dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2021 dengan menampilkan formasi pengibar bendera merah putih dan bendera organisasi siswa serta teatrikalisasi puisi tentang permasalahan dunia Islam yang terjadi di Palestina.

Kepala SMPIT Nurul Fikri Bogor, Erna Maryati, M.Pd., memberikan sambutan, melakukan penyematkan peserta LS II secara simbolis, juga memberikan pematerian tentang Seven Habits of Highly Effective People. Pada hari yang sama, kepala SMAIT Nurul Fikri Bogor, Lukman Fajar Purwoko, M.T. juga menyampaikan materi tentang belajar kepemimpinan melalui kisah tokoh Islam Shalahuddin Al Ayubbi. 

Peserta LS II SMA terdiri dari seluruh  siswa kelas X IPA dan X IPS sejumlah 70 orang yang telah memiliki kualifikasi lulus pada agenda Leadership School I sebelumnya. Agenda LS II SMA dilaksanakan secara Hybrid yakni luring dan daring.

Ketua panitia, Rahmat Hidayatullah, salah seorang pengurus OSIS periode 2020/2021 dibantu dengan kepanitiaan yang diikuti oleh beberapa perwakilan dari setiap organisasi siswa di SMA baik dari kelas XI maupun kelas XII. Agenda LS II SMA berlangsung selama 3 hari dengan agenda yang terdiri dari Pra LS 2, opening, materi konsep diri, Seven Habits of Highly Effective People, Grooming, dan kepemimpinan akhir zaman.

Selain itu, terdapat juga agenda refreshing yang meliputi post to post,  games & outbond. Pada agenda pembukaan, ditampilkan sebuah teater yang mengusung kisah Salahuddin Al-Ayyubi, seorang pejuang islam yang membebaskan kota suci Yerusalem dari Tentara Salib. Melalui kisah beliau, diharapkan siswa dapat meneladani ketekunan dan kegigihan Salahuddin hingga berhasil menaklukkan kota Yerussalem. 

Sasaran peserta LS II SMP adalah seluruh santri baru SMP IT Nurul Fikri Bogor. Penguatan konsep dan karakter diri diejewantahkan dalam beberapa kegiatan, yaitu Seminar Seven Habits of Highly Effective People, Seminar Pengendalian Diri, Seminar Merencakan Hidup Merancang Masa Depan (MHMMD), Seminar Talents Mapping, serta pembuatan Proximal Goals dalam hidup.

Sementara itu, karakter kepemimpinan ditanamkan melalui kegiatan Focus Group Discussion dan Seminar Kepemimpinan Islam yang membahas tokoh Shalahuddin Al Ayyubi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA