Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Mukernas Amphuri Anugrahi Republika Media Pencerahan Umat

Rabu 20 Oct 2021 17:36 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Mukernas Amphuri Anugrahi <em>Republika</em> Media Pencerahan Umat. Foto ilustrasi: Cover Koran Republika dengan gambar Mbah Moen.

Mukernas Amphuri Anugrahi Republika Media Pencerahan Umat. Foto ilustrasi: Cover Koran Republika dengan gambar Mbah Moen.

Foto: Republika
Amphuri menilai Republika memberikan pencerahan untuk umat melalui pemberitaan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas). Acara yang digelar di Kampung Maghfirah, Tangkil, Caringin, Bogor ini menggelar penganugerahan AMPHURI Award. 

Ketua Amphuri Firman M Nur mengatakan, Mukernas adalah forum permusyawaratan anggota yang dilaksanakan sekali dalam setahun oleh dewan pengurus untuk mengadakan evaluasi hasil kerja tahun berjalan. Dalam Mukernas ini juga disusun rencana kerja tahun berikutnya. 

Baca Juga

"Pada Mukernas tahun ini, AMPHURI menyelenggarakannya secara hybrid (daring dan luring), dikarenakan masih dalam kondisi pandemi," kata Firman saat dihubungi Republika, Rabu (20/10).

Firman mengatakan, Mukernas menjadi momen terbaik untuk menyiapkan segala upaya yang maksimal jelang dibukanya penyelenggaraan umrah bagi Indonesia oleh Arab Saudi. Ia bersyukur banyak pihak yang mendukung hajatan tahunan AMPHURI ini.

"Alhamdulillah Mukernas yang diadakan hybrid ini dibuka langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang hadir secara daring," katanya.

Firman mengatakan, selain Menag, hadir pula Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Prof Hilman Latif. Pada kesempatan ini Prof Hilman memberikan arahan kepada para pelaku usaha haji dan umroh jelang dibukanya umroh untuk Indonesia.

Selain membahas mengevaluasi program kerja selama setahun yang lalu dan merencanakan program kerja setahun ke depan, dalam Mukernas, AMPHURI juga meluncurkan AMPHURI Go Digital sebuah aplikasi berbasis website. Kemudian di Mukernas tahun 2021 AMPHURI juga menganugerahkan AMPHURI Award yang diberikan kepada mereka yang menunjukkan komitmen dan dedikasi tinggi terhadap industri penyelenggaraan perjalanan ibadah haji khusus dan umroh serta wisata muslim.

AMPHURI Award dianugerahkan diantaranya kepada maskapai Saudia Airlines sebagai The Best Airlines for Umrah. Kemudian kategori perbankan syariah,  Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai The Best Syariah Banking for Hajj & Umrah. Untuk kategori asuransi syariah, Zurich Syariah sebagai The Best Syariah Insurance for Hajj & Umrah .

"Penghargaan juga diberikan kepada media yang telah mendukung kegiatan penyelenggaraan haji dan umroh di Indonesia di antaranya kepada TV One sebagai The Best TV Media Support for Hajj & Umrah dan kepada Repubika sebagai The Best Print-Online Media Support for Hajj & Umrah," katanya.

AMPHURI juga memberikan anugerah Adikarya Anggota kepada sosok yang telah berkontribusi kepada organisasi yang diberikan Muhammad Machrus yang telah mendesain motif batik resmi AMPHURI.

Saat ditanya kenapa AMPHURI memilih Republika? Firman menjelaskan, ini karena Republika sebagai media yang hadir cetak dan online sangat mendukung aktifitas para pelaku industri penyelenggaraan haji dan umroh. Lewat pemberitaannya yang berimbang, serta menginspirasi apa yang diwartakan.

"Republika memberikan pencerahan umat Islam, khususnya dalam bidang haji dan umroh. Bahkan Republika memiliki kanal tersendiri yang mengupas dunia haji dan umroh," katanya.

Dalam pelaksanaan Mukernas (offline) turut hadir para jajaran direksi mitra kerja AMPHURI dan pimpinan asosiasi haji dan umrah. Termasuk para mitra kerja di Saudi (muasasah) diantaranya Noor El Hijaz, Diar el Manasik dan Mazaya al Deyafah. 

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA