Rabu 20 Oct 2021 16:47 WIB

UMS Jalin Kerja Sama dengan Universitas Malaysia Perlis

Saat ini, UMS memiliki lebih dari 50 mitra global.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UMS.
Foto: Yusuf Assidiq.
Kampus UMS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjalin kerja sama dengan Universitas Malaysia Perlis (UniMAP). Kedua perguruan tinggi menandatangani nota kesepahaman atau MoU pada Senin (18/10) secara daring. Penandatangan MoU dilakukan oleh Rektor UMS, Sofyan Anif, dan Zaliman Sauli selaku perwakilan UniMAP.

Penandatanganan MoU tersebut merupakan bagian dari kerja sama antara UniMap Malaysia dengan lima universitas di  Indonesia seperti, UMS, Universitas Mercu Buana, Universitas Lampung, Universitas Trisakti, dan Universitas Negeri Malang, yang semuanya dilakukan secara daring.

Kepala Biro Kerja Sama dan Urusan Internasional (KUI) UMS, Waluyo mengatakan, penandatanganan MoU dengan Unversitas Malaysia Perlis ini merupakan momentum di mana UMS memberikan peluang untuk memperluas kerja sama dalam berbagai bidang.

Selain itu kerj asama dengan Universitas Malaysia Perlis membuka lintas hubungan yang lebih luas dengan berbagai institusi di tingkat internasional. "Kerja sama ini bersifat saling menguntungkan para pihak," ujar Waluyo,  Rabu (20/10).

 

Rektor UMS, Sofyan Anif, mengungkapkan UMS terbuka dengan ide baru mengenai peluang kerja sama yang meningkatkan kualitas universitas. "Kami selalu terbuka untuk ide-ide baru berkaitan dengan peluang kerja sama untuk meningkatkan kualitas kita bersama dan universitas lainnya di dunia, berkomitmen untuk selalu mendukung aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh civitas akademika," terang Sofyan Anif.

Saat ini, UMS memiliki lebih dari 50 mitra global, yang tersebar di lima benua. UMS aktif mengembangkan berbagai kerja sama internasional di bidang penelitian, pengajaran, pertukaran mahasiswa, pertukaran staf, penyelenggaraan program gelar ganda (double degree), maupun pelayanan pada masyarakat.

Dengan potensi mahasiswa dan staf pengajar yang berkualitas, UMS berkomitmen untuk meningkatkan prestasi akademik maupun nonakademik. Selain itu, untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat dan selalu dikenal  di level nasional maupun internasional. Untuk menjalankan komitmen tersebut, UMS perlu menjalin kerja sama seluas-luasnya, dengan masyarakat global, melakukan kolaborasi akademik dengan institusi di seluruh dunia.

"Dengan adanya MoU ini diharapkan kita dapat mengadakan kerja sama untuk pertukaran mahasiswa maupun dosen yang tujuannya untuk memberikan pengalaman international exposure bagi mahasiswa maupun dosen, bisa meningkatkan kemampuan akademik dan nonakademik mahasiswa maupun dosen," jelas Kepala Bidang Akademik Kerja Sama Internasional UMS, Denny Vitasari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement