Rabu 20 Oct 2021 16:39 WIB

Sebanyak 30 ODGJ Tangerang Dapat Fasilitas Rekam KTP-El

Perekaman KTP bagi ODGJ agar mereka mendapatkan hak-haknya yang lain.

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berpose saat petugas melakukan perekaman data KTP elektronik (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berpose saat petugas melakukan perekaman data KTP elektronik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 30 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kelurahan Cisauk, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten mendapatkan nomor induk kependudukan (NIK) dan fasilitas perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dari pemerintah daerah setempat. "Saat ini sekitar 30 orang ODGJ, kita lakukan perekaman KTP agar mereka mendapatkan hak-haknya yang lain, seperti BPJS dan vaksinasi Covid-19," kata Lurah Cisauk, Mochamad Farly Gusriadi di Tangerang, Rabu (20/10).

Ia mengatakan, layanan penerbitan NIK dan fasilitas perekam KTP-el terhadap warga ODGJ itu dilakukan untuk rasa kepedulian guna mendapat hak yang sama sebagai warga negara. "Hak warga negara untuk mendapatkan pelayanan dasar merupakan kewajiban aparatur di wilayah," katanya.

Baca Juga

Kemudian, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang yang telah mendukung dan memfasilitasi dalam perekaman KTP-el ODGJ tersebut. "Saya berharap para ODGJ ini mendapatkan haknya selain adminduk, seperti BPJS, dan kehidupan yang layak seperti manusia normal agar negara hadir di tengah-tengah mereka," ujarnya.

Sementara, Pimpinan Rumah Peduli Sahabat Kasih, Imanuel menyampaikan bahwa di tempat rehabilitasi miliknya ada sekitar 30 ODGJ yang saat ini masih menjalani perawatan. "Sudah sembilan orang yang mendapatkan vaksinasi karena sudah memiliki KTP, namun sekitar 21 orang belum memiliki KTP karena itu belum mendapatkan layanan lain seperti BPJS dan vaksinasi Covid-19," tuturnya.

Dalam pelaksanaan perekaman KTP-el di Kelurahan Cisauk itu, dihadiri oleh Kasi Pelayanan Kecamatan Cisauk, Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang, serta Kepala Seksi Ketentraman Ketertiban Kelurahan Cisauk.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement