Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Liverpool Kalahkan Atletico di Wanda Metropolitano

Rabu 20 Oct 2021 03:58 WIB

Red: Bayu Hermawan

Para pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Atletico Madrid pada pertandingan lanjutan Liga Champion di  Stadion Wanda Metropolitano, Rabu (20/10) dini hari.

Para pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Atletico Madrid pada pertandingan lanjutan Liga Champion di Stadion Wanda Metropolitano, Rabu (20/10) dini hari.

Foto: EPA
Liverpool menang 3-2 atas tuan rumah Atletico Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool mengalahkan tuan rumah Atletico Madrid dengan skor 3-2 pada pertandingan ketiga fase Grup B Liga Champions 2021/2022 di Stadion Wanda Metropolitano. Mohamed Salah menjadi pahlawan kemenangan the Reds melalui gol yang dicetak dari titik penalti.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Atletico Madrid tampil percaya diri di awal laga. Meski begitu, Liverpool juga tak tinggal diam dan memberikan perlawanan. Pertarungan lebih banyak terjadi di lapangan tengah pada awal laga.

Baca Juga

Liverpool berhasil mencuri keunggulan pada menit ke-8. Gol berawal dari pergerakan Mohamed Salah dari sisi kanan pertahanan Atletico. Setelah melewati beberapa bek Atletico, Salah melepaskan tembakan yang membentur kaki James Milner dan tak bisa dicegah oleh Oblak. Liverpool 1-0 Atletico.

Liverpool semakin percaya diri melakukan serangan, hasilnya pada menit ke-13, the Reds berhasil memperbesar keunggulan. Berawal dari serangan balik, Trent Alexander Arnold melepaskan umpan silang. Bek Atletico gagal membuang bola dengan sempurna. Naby Keita yang mendapat bola muntah langsung melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti dan membobol gawang Atletico. Liverpool 2-0 Atletico.

Tertinggal 2 gol, Atletico tersentak. Tuan rumah meningkatkan intensitas serangan ke pertahanan the Reds. Hasilnya, Atletico berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-20. Griezmann mencetak namanya di papan skor setelah membelokan bola hasil tembakan Koke dari luar kotak penalti.

Pertandingan semakin sengit. Kedua tim sama-sama ngotot untuk menambah gol. Atletico dan Liverpool sama-sama mempunyai beberapa peluang emas. Namun, Atletico yang lebih efektif dalam menyerang akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Berawal dari aksi individu Joao Felix, pemain asal Portugal itu melepaskan umpan yang dimanfaatkan dengan baik oleh Griezmann. Pemain asal Prancis itu pun kembali mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membuat Atletico menyamakan kedudukan 2-2.

Hingga dua menit tambahan waktu berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta. Kedua tim bermain imbang 2-2 di babak pertama. Pada awal babak kedua, kedua tim melakukan pergantian pemain. Liverpool menarik Naby Kieta dan memasukan Fabinho. Sementara Atletico menarik Kondogbia dan memasukan Jimenez.

Jual beli serangan langsung terjadi, Liverpool punya peluang menambah keunggulan melalui Sadio Mane, namun tandukannya berhasil dihalau Oblak. Tak berselang lama, giliran Atletico mengancam gawang Liverpool melalui de paul namun tembakannya berhasil dihalau Alisson.

Pada menit ke-51, Atletico Madrid harus bermain dengan 10 orang. Hal itu setelah wasit memberikan kartu merah kepada Griezmann. Pemain asal Perancis itu tertangkap melakukan pelanggaran dengan mengangkat kaki terlalu tinggi dan mengenai wajah Firmino. 

Bermain 10 orang, Atletico lebih fokus memperkuat pertahanan sambil sesekali melakukan serangan balik. Pertandingan pun berjalan lebih lambat dibandingkan babak pertama. Liverpool kemudian melakukan pergantian permain dengan menarik Sadio Mane dan James Milner dan memasukan Diogo Jota serta Chamberlain. 

Liverpool kembali unggul pada menit ke-51 melalui titik putih. Pemain Atletico, Hermoso melakukan pelanggaran terhadap Diogo Jota di kotak penalti. Mohamed Salah yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya. Liverpool 3-2 Atletico.

Atletico kemudian melakukan empat pergantian pemain dengan menarik Lemar,  De Paul, Hermoso dan Joao Felix, kemudian memasukan Suarez, Lodi, Llorente dan Correa. Atletico sempat punya kesempatan kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-83, setelah Gimenez dijatuhkan oleh Jota di kotak penalti. Namun wasit yang mengecek VAR memutuskan tidak ada pelanggaran.

Liverpool kembali melakukan pergantian dengan menarik Alexander Arnold dan memasukan Joe Gomez. Liverpool kembali melakukan pergantian pemain terakhir dengan menarik Mohamed Salah dan memasukan Neco Wiliam. 

Hingga enam menit tambahan waktu di babak kedua berakhir, tidak ada gol lagi tercipta. Liverpool menang atas Atletico dengan skor 3-2.

Kemenangan ini membuat Liverpool nyaman duduk di puncak klasemen Grup B dengan torehan 9 poin. Kemenangan ini sekaligus memperpanjang catatan apik mereka yang selalu mencetak tiga gol atau lebih dalam pertandingan tandang. Sementara Atletico tertahan di posisi kedua klasemen dengan empat poin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA