Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Liga Champions, Sporting Gulung Besiktas 4-1

Rabu 20 Oct 2021 01:53 WIB

Red: Bayu Hermawan

logo liga champions

logo liga champions

Foto: aa.com.tr
Sporting CP mengalahkan tuan rumah Besiktas dengan skor 4-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sporting Lisbon menundukan tuan rumah Besiktas dengan skor 4-1 pada pertandingan ketiga fase grup C Liga Champions. Hasil ini merupakan pertama kalinya Sporting meraih kemenangan di Liga Champions musim ini.

Tampil sebagai tuan rumah, Besiktas mengincar kemenangan perdana di Liga Champions. Skuat asuhan Serge Yalcin itu pun langsung tampil menyerang di awal laga. Besiktas punya peluang mencetak gol di awal pertandingan setelah memanfaatkan kesalahan lini belakang Sporting. Namun, sayang penyerang tim asal Turki itu gagal menkonversi menjadi gol.

Baca Juga

Sebaliknya, Sporting yang juga mengusung misi mencari poin perdana tidak tinggal diam dan melakukan perlawanan. Jual beli serangan pun terjadi di awal laga. Sporting akhirnya yang berhasil mencetak gol terlebih dulu pada menit ke-15.

Berawal dari sepak pojok, pemain Sporting, Inaco, menanduk bola dan membentur pemain belakang Besiktas. Bola liar kemudian disambar oleh Sebastian Coates yang gagal dihalau oleh kiper Besiktas. Sporting unggul 1-0 atas tuan rumah.

Tersentak oleh gol tersebut, Besiktas bangkit dan meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya pada menit ke-24, Besiktas berhasil mencetak gol penyeimbang. Gol dicetak oleh Larin memanfaatkan tendangan penjuru. Besiktas 1-1 Sporting Lisbon.

Kedua tim yang bermain terbuka membuat pertandinga berjalan menarik. Namun, Sporting yang akhirnya kembali unggul. Tim asuhan Ruben Amorim itu mencetak gol kedua dengan skema yang mirip dengan gol pertama, yakni memanfaatkan bola hasil tendangan penjuru. Coates kembali mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Sporting unggul 2-1 atas Besiktas.

Kelemahan Besiktas dalam mengantisipasi sepak pojok benar-benar dimanfaatkan oleh Sporting. Buktinya, tim asal Portugal itu berhasil memperbesar keunggulan pada menit ke-43. Lagi-lagi Coates yang menjadi aktornya. Sundulannya mengenai tangan pemain Besiktas Vida, yang membuat wasit memutuskan memberikan tendangan penalti untuk Sporting.  Pablo Sarabia yang menjadi eksekutor tak menyia-siakan tugasnya dan membawa Sporting unggul 3-1 atas Besiktas. 

Besiktas sempat mempunyai asa memperkecil ketertinggalan di akhir babak pertama. Pada menit ke-45+1, pemain Besiktas Teixera berhasil memasukan bola ke gawang Sporting. Namun, gol itu dianulir karena Teixera sudah terlebih dulu terjebak offside. Babak pertama ditutup dengan keunggulan Sporting Lisbon 3-1 atas Besiktas.

Di babak kedua, Sporting Lisbon lebih memilih bermain defensif untuk menjaga keunggulan. Sementara Besiktas semakin bernafsu mencari gol untuk memperkecil ketertinggalan.

Sejumlah peluang dimiliki oleh Besiktas melalui Larin dan Batshuayi. Bahkan, Batshuayi punya peluang matang untuk mencetak gol pada menit ke-68, namun sayang tembakannya ke arah gawang Sporting yang sudah kosong masih melambung.

Asyik menyerang, Besiktas justru harus merasakan kebobolan untuk yang keempat kalinya pada menit ke-89. Berawal dari serangan balik cepat, Pauliho melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tak bisa dihalau oleh kiper Besiktas. Gol ini sekaligus menjadi yang pertama di cetak oleh pemain itu di ajang Liga Champions.

Hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, skor tidak berubah. Sporting sukses kalahkan tuan rumah Besiktas dengan skor 4-1

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA