Rabu 20 Oct 2021 00:10 WIB

Uap Air Terdeteksi di Europa, Bulan Planet Jupiter

Uap air hanya ada di satu sisi Europa saja.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Garis Jupiter. Ilustrasi
Foto: Foxnews
Garis Jupiter. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teleskop Luar Angkasa Hubble milik Badan Antariksa Amerika (NASA) telah melihat uap air di bulan laut Jupiter, Europa. Temuan ini berpotensi mengungkapkan petunjuk baru tentang bulan es di tata surya kita dan sekitarnya.

Teleskop Hubble sebelumnya telah mendeteksi uap air di Europa dalam bentuk gumpalan yang muncul secara sporadis dan terkadang meluas mungkin 200 km  ke luar angkasa dari cangkan es bulan. Uap air ini menutupi lautan air cair yang besar dan terkubur. Namun, temuan baru ini adalah sesuatu yang sangat berbeda.

Baca Juga

Lorenz Roth, seorang peneliti di KTH Royal Institute of Technology di Stockholm, Swedia, menganalisis pengamatan ultraviolet arsip Europa yang dibuat oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble dengan instrumen Spektrograf Pencitraan Teleskop Luar Angkasa Pada 1999, 2012, 2014 dan 2015.

Analisis ini mengungkapkan keberadaan sejumlah besar uap air di belahan Europa-yang menghadap jauh dari jalur orbit bulan di sekitar Jupiter. Uap air ini bertahan dalam jangka panjang, tidak seperti gumpalan, Roth melaporkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan bulan lalu di jurnal Geophysical Research Letters.

Roth dan rekannya baru-baru ini menggunakan teknik serupa untuk menemukan uap air di sesama satelit Jupiter Ganymede, bulan terbesar di tata surya.

“Pengamatan uap air di Ganymede, dan di sisi lain Europa, memajukan pemahaman kita tentang atmosfer bulan-bulan es,” kata Roth dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Space, Selasa (19/10).

“Namun, deteksi kelimpahan air yang stabil di Europa sedikit lebih mengejutkan daripada di Ganymede karena suhu permukaan Europa lebih rendah daripada Ganymede,” ujarnya lagi.

Europa memantulkan sinar matahari lebih efektif daripada Ganymede. Dengan demikia, Europa sekitar 33 derajat Celcius lebih dingin daripada bulan yang lebih besar. Suhu tinggi di Europa mencapai sekitar minus 160 Celcius, namun cukup banyak es tampaknya menyublim di sana, berubah menjadi uap dan melayang ke luar angkasa.

Pertanyaan lainnya adalah fakta bahwa uap air ini terbatas pada belahan bumi yang tertinggal di Europa. Tidak jelas mengapa ini terjadi.

Kita bisa mendapatkan kejelasan lebih lanjut tentang temuan aneh ini segera. Pada Oktober 2024, NASA berencana meluncurkan wahana yang disebut Europa Clipper, yang akan tiba di sistem Jupiter pada April 2030.

Pesawat ruang angkasa itu akan melakukan lusinan terbang lintas dekat Europa, mempelajari lautan dan cangkang esnya dan bahkan mungkin meluncur melalui gumpalan, jika salah satu kebetulan menyala pada waktu yang tepat. Clipper juga akan mencari lokasi pendaratan yang baik untuk misi pendarat berburu kehidupan, yang telah diperintahkan Kongres kepada NASA untuk dikembangkan (meskipun misi terakhir ini belum secara resmi ada di buku NASA).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement