Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

De Bruyne Pilih Lewandowski Raih Ballon d'Or

Selasa 19 Oct 2021 15:46 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski.

Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski.

Foto: AP/Martin Meissner
Robert Lewandowski merupakan favorit untuk memenangkan Ballon d'Or sejak tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang tengah Manchester City, Kevin De Bruyne, mendukung penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, untuk memenangkan trofi individu pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) 2021. Itu jika De Bruyne harus memilih peraih Ballon d'Or.

"Jika saya harus memilih, saya melihat periode dua tahun karena kami tidak memilikinya tahun lalu. Jadi saya akan memilih Lewandowski untuk apa yang telah ia lakukan," kata De Bruyne dikutip Sportskeeda, Selasa (19/10).

Nama kandidat peraih Ballon d'Or 2021 telah mengapung. Sebanyak 30 pesepak bola top Eropa tercatat berlomba memperebutkan gelar individu terbaik sebagai seniman lapangan hijau.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dianggap menjadi kandidat kuat untuk meraih trofi Bola Emas. Messi mencatatkan nominasi ke-15 selama berkarier, sementara bagi Ronaldo ini merupakan ke-17 kali masuk dalam daftar.

Kandidat kuat lainnya adalah Robert Lewandowski dari Bayern Muenchen dan Karim Benzema dari Real Madrid. Keduanya berhasil menunjukkan kelasnya dan konsisten memberikan permainan terbaik.

Semua kandidat akan dikerucutkan menjadi tiga finalis. Lalu, pengumuman peraih Ballon d'Or akan diselenggarakan di Paris, Prancis, pada 29 November 2021 mendatang. "Jadi, Lewandowski akan menjadi pilihan saya setelah apa yang ia lakukan," sambung De Bruyne.

Lewandowski sangat produktif selama musim 2019/2020. Penyerang Polandia berusia 33 tahun itu mencetak 55 gol hanya dalam 47 penampilan di semua kompetisi saat Muenchen kemudian memenangkan treble di bawah besutan Hansi Flick.

Sebelumnya Lewy, sapaan akrab Lewandowski, merupakan favorit untuk memenangkan Ballon d'Or tahun lalu, tetapi penghargaan itu dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Meski gagal meraih penghargaan pada 2020, performa Lewandowski masih belum berkurang. Bintang Muenchen itu mencetak 48 gol musim lalu dan telah mencetak 15 gol hanya dalam 11 pertandingan di musim ini.

Di sisi lain, De Bruyne masuk dalam 30 nominasi Ballon d'Or, termasuk beberapa pemain Manchester City lainnya, yakni Phil Foden, Ruben Dias, Riyad Mahrez, dan Raheem Sterling.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA