Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Bawang Hitam Kaya akan Nutrisi, Cara Membuatnya?

Selasa 19 Oct 2021 07:40 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih yang disimpan dalam suhu dan kelembapan tertentu.

Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih yang disimpan dalam suhu dan kelembapan tertentu.

Foto: Istimewa
Bawang hitam bisa dibuat sendiri di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ragam hidangan khas Indonesia kerap menambahkan bawang putih dalam bumbunya. Selain memperkaya cita rasa, tanaman herba ini juga baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan dan antiinflamasi.

Bawang putih juga membantu menjaga tubuh dari infeksi, pilek, dan memperlancar saluran pencernaan dan pernapasan. Bawang putih juga termasuk prebiotik yang membantu mempromosikan bakteri baik dan menghilangkan bakteri negatif.

Berbicara soal khasiat bawang putih, pernahkah Anda mencicipi bawang hitam? Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih yang disimpan dalam suhu dan kelembapan tertentu.

Ahli gizi dari India, Shonali Sabherwal, mengatakan bahwa bawang putih fermentasi mengandung bioaktif yang tinggi sehingga layak dikonsumsi setiap hari. Sesuai penelitian, proses fermentasi pada bawang putih meningkatkan kadar nutrisi dan membuatnya lebih mudah diserap oleh tubuh.

"Malahan, 90 hari setelah fermentasi, kandungan lemak dan karbohidratnya mencapai kadar tertinggi," kata Sabherwal, seperti dikutip dari The Indian Express, Selasa (19/10).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA