Selasa 19 Oct 2021 05:06 WIB

Syekh Ihsan Dahlan Al-Jampesi Dai yang Produktif (I)

Seiring kesukaannya menyantap aneka bacaan, tumbuh pula hobi menulis dalam dirinya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ulama tempo dulu mengajar para santrinya.
Foto: gahetna.nl
Ulama tempo dulu mengajar para santrinya.

IHRAM.CO.ID, Syekh Ihsan Dahlan al-Jampesi, itulah nama lengkapnya. Di tengah masyarakat, dirinya dikenal sebagai pribadi yang berilmu dan tawaduk. Ulama yang lama berkiprah di Kediri, Jawa Timur, itu lahir pada tahun 1901 M.

Ayahnya, KH Dahlan bin Saleh, merupakan seorang mubaligh. Ibundanya bernama Istianah. Kedua orang tuanya itu mendirikan sebuah pondok pesantren di Dusun Jempes, Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri.

Baca Juga

Hulu silsilah Syekh Ihsan Dahlan dapat dilacak hingga kaum alim asal Jawa Barat. Kakeknya merupakan seorang ulama kenamaan dari Bogor. Hingga akhir hayatnya, sosok yang bernama Kiai Saleh itu menuntut ilmu hingga menyebarluaskan syiar Islam di Jawa Timur.

Syekh Ihsan pun masih keturunan bangsawan. Beberapa generasi di atasnya, terdapat Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Salah satu wali songo itu pernah memimpin kaum Muslimin khususnya di Cirebon, Jawa Barat.

Dari garis ibunya, Syekh Ihsan mendapatkan darah biru Jawa Tengah. Istianah merupakan putri seorang kiai Mesir, yang akhirnya menjadi penyebar agama Islam di Pacitan, Jawa Timur. Silsilahnya, bagaimanapun, tersambung hingga Panembahan Senapati, sang bapak wangsa Mataram.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement