Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Kiddos Center Bisa bantu Pemkot Tangsel Atasi Anak Stunting

Senin 18 Oct 2021 18:39 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Rumah Sakit (RS) Sari Asih Ciputat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten.

Rumah Sakit (RS) Sari Asih Ciputat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten.

Foto: Dok
Pelayanan RS Sari Asih Ciputat menerapkan konsep holistik atau one stop service.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berharap keberadaan klinik tumbuh kembang atau kiddos center di Rumah Sakit (RS) Sari Asih Ciputat, bisa membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dalam menangani stunting atau anak tumbuh kerdil.

"Semoga kehadiran kiddos center ini ikut berperan serta bagaimana eliminasi efek jangka panjang stunting yang kini sedang digencarkan oleh dinas kesehatan," kata Kepala Dinkes Kota Tangsel dr Alin Hendarlin dalam keterangannya di Kota Tangsel, Provinsi Banten, Senin (18/10).

Alin mengapresiasi pelayanan RS Sari Asih Ciputat yang menerapkan konsep holistik atau one stop service. Sehingga, hal itu memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan mulai dari perencanaan kehamilan sampai tumbuh kembang anak.

"Kita apresiasi, ini menjawab kebutuhan masyarakat, RS memang harus seperti ini sehingga tak semata-mata profit oriented tetapi juga sosial, memperhatikan masyarakat terutama yang membutuhkan pelayanan tersebut," ujarnya.

RS Sari Asih Ciputat menyediakan layanan klinik tumbuh kembang anak untuk membantu orang tua mengatasi gangguan kesehatan pada anak. "Kiddos center ini melengkapi klinik fertilitas yang sebelumnya telah diluncurkan sehingga pelayanan mulai dari kehamilan sampai anak tumbuh dan berkembang dapat diperoleh di Sari Asih Ciputat," kata Direktur RS Sari Asih Ciputat, dr Anitya Irna RD.

Anitya menuturkan, kiddos center hadir membantu orang tua mengatasi gangguan kesehatan pada anak. Gangguan tumbuh kembang anak karena pengaruh lingkungan yang cukup besar saat ini.

"Misalkan interaksi sosial, atau waktu belajarnya ada gangguan, bahkan mungkin juga makannya malas, makannya milih-milih itu kan suatu pertumbuhan yang terganggu yang harus kita pantau dan awasi," kata Anitya.

Kiddos center memiliki keunikan yang membedakan dari klinik lainnya, yaitu layanan menyeluruh dan satu atap. One stop service yang dimaksud adalah melayani berbagai layanan kesehatan tak sekadar secara fisik, namun juga gangguan kesehatan karena lingkungan seperti gangguan gadget, autis, dan lainnya.

"Kita lengkap ya mulai dari anak masih dalam kandungan saja sudah bisa konseling prenatal, kita ada dokter khusus laktasi. Lalu juga semua pelayanan tumbuh kembang anak bisa diperoleh di sini sehingga lebih mudah dan cepat," kata Anitya.

Ketua tim klinik tumbuh kembang anak RS Sari Asih Ciputat, dr. Fereza Amalia SPA-K mengatakan, salah satu permasalahan dalam tumbuh kembang anak, yaitu stunting. Masalah stunting diakibatkan gizi pada anak yang sudah kronik.

"Jadi berat badan gak sesuai dengan tinggi badannya, berat badan tidak sesuai usianya, tinggi badan tidak sesuai usianya. Jadi memang harus diperiksa secara berkala, kita harus melihat dari kurva perkembangan si anak sehingga bisa melihat lebih awal grafik pertumbuhannya," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA