Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Mengapa Nabi Ibrahim Berdoa Meski Sudah Dijaga Allah SWT?

Senin 18 Oct 2021 15:26 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Nabi Ibrahim berdoa agar anak cucunya dihindarkan dari berhala. Berdoa (Ilustrasi)

Nabi Ibrahim berdoa agar anak cucunya dihindarkan dari berhala. Berdoa (Ilustrasi)

Foto: Republika
Nabi Ibrahim berdoa agar anak cucunya dihindarkan dari berhala

REPUBLIKA.CO.ID, — Nabi Ibrahim berdoa agar dijauhkan beserta keturunannya daripada menyembah berhala. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sejumlah ayat Alquran.

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata, "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Makkah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (QS Ibrahim ayat 35)

Baca Juga

رَبِّ إِنَّهُنَّ أَضْلَلْنَ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ ۖ فَمَنْ تَبِعَنِي فَإِنَّهُ مِنِّي ۖ وَمَنْ عَصَانِي فَإِنَّكَ غَفُورٌ رَحِيمٌ “Ya Tuhanku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia, maka barangsiapa yang mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku, dan barangsiapa yang mendurhakai aku, maka sesungguhnya Engkau, Mahapengampun lagi Mahapenyayang.” (QS Ibrahim ayat 36).   

Mengapa Nabi Ibrahim masih berdoa minta dijauhkan daripada menyembah berhala, padahal sudah pasti tidak mungkin bagi Nabi Ibrahim menyembah berhala karena beliau adalah rasul yang pastinya mendapat penjagaan, bimbingan, dan petunjuk dari Allah sehingga tidak akan mungkin terjerumus menyekutukan Allah SWT?  

Pakar Tafsir Alquran yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Bayt Alquran, Ustadz Dr Syahrullah Iskandar, menerangkan bahwa doa Nabi Ibrahim kepada Allah agar dijauhkan dirinya dari menyembah berhala adalah bentuk ketawadhuan dan rasa sangat membutuhkan kepada Allah SWT. Sebab hanya Allah yang memberikan petunjuk kepada makhluk-Nya. 

"Meski seorang Nabi dan terlindungi dari perbuatan dosa tapi Nabi Ibrahim memohon agar dijauhkan dari menyembah berhala.

Maksudnya Nabi Ibrahim menampakkan kelemahannya di hadapan Allah, ada tawadhu di situ, menampakan kelemahannya, kekurangannya, juga menampakan bahwa dia butuh kepada Allah. Sangat memerlukan bantuan dari Allah, karena tidak ada yang bisa dicapai kecuali atas bantuan Allah," kata Ustadz Syahrullah dalam kajian virtual kitab Min Wahyi Alquran karya Syekh Yasin Muhammad Yahya beberapa hari lalu.    

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA