Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Kontroversi Jalan Ataturk, DKI Berjanji akan Cari Solusi

Senin 18 Oct 2021 13:27 WIB

Rep: Zainur mahsir ramadhan/ Red: Esthi Maharani

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (16/9) malam.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (16/9) malam.

Foto: Republika/Zainur Mahsir Ramadhan
Pendapat dari kelompok masyarakat harus dihormati dan dipertimbangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyoroti wacana penamaan ruas jalan di Jakarta dengan nama Muhammad Kemal Attaturk (MKA). Riza tak menampik, penamaan jalan tersebut menimbulkan banyak kontroversi.

"Memang ada beberapa pendapat dari kelompok masyarakat yang kita juga harus hormati, dan kita perhatikan, pertimbangkan," ujar Riza saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (18/10).

Kendati demikian, menurut dia, penamaan jalan tersebut merupakan bagian dari kerja sama antar negara yang harus dihormati. Oleh karena itu, lanjut dia, Pemprov DKI Jakarta akan mencarikan solusi terbaik.

"Insya Allah pemerintah akan mencarikan solusi yang terbaik supaya baik bagi semua termasuk hubungan kita dengan pemerintah Turki," tuturnya.

Riza menambahkan, penamaan jalan tersebut menjadi bentuk kerja sama antar negara, Turki-Indonesia. Terlebih, lanjut dia, Turki telah memberikan nama Soekarno sebagai jalan di depan KBRI Ankara.

Baca juga : UU Nomor 5816 Siap Menjerat Siapa Pun yang Menghina Ataturk

"Alhamdulillah sekarang giliran kita yang memberikan kesempatan nama tokoh pemerintah atau negara Turki di Indonesia di Jakarta," ucapnya.

Menyoal nama yang diberikan Turki, kata Riza, memang diusulkan secara khusus MKA. Usulan itu dinilainya perlu menjadi pertimbangan sebagai bentuk saling menghormati.

Ditanya lokasi persis jalan MKA, Riza mengaku belum bisa berkomentar lebih banyak. Kendati demikian, pihaknya berjanji akan memberitahukan lokasi persisnya dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA