Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Guru Besar FK UI: Perlunya Masyarakat Kenali Long Covid

Senin 18 Oct 2021 13:04 WIB

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Friska Yolandha

Guru Besar FKUI Tjandra Yoga Aditama mengatakan, daalam situasi pandemi Covid-19 yang sedang melandai, ada baiknya masyarakat bisa mengenali Long Covid yang dialami para penyintas Covid.

Guru Besar FKUI Tjandra Yoga Aditama mengatakan, daalam situasi pandemi Covid-19 yang sedang melandai, ada baiknya masyarakat bisa mengenali Long Covid yang dialami para penyintas Covid.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Biasanya keluhan yang tergolong pasca-Covid ini terjadi 3 bulan usai gejala awal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Guru Besar FKUI Tjandra Yoga Aditama mengatakan, daalam situasi pandemi Covid-19 yang sedang melandai, ada baiknya masyarakat bisa mengenali Long Covid yang dialami para penyintas Covid. Setiap rumah sakit diharapkan menyediakan klinik pasca Covid-19.

"Sampai sekarang ini, banyak para penyintas yang mengeluh tetap saja ada berbagai gejala yang cukup berkepanjangan sesudah dinyatakan sembuh dari Covid-19, beberapa minggu dan bahkan sampai beberapa bulan," kata Prof Tjandra dalam pesan singkatnya, Senin (18/10).

Ia berharap, setiap rumah sakit dan mungkin juga Puskesmas agar menyediakan klinik pasca-Covid-19, berita baiknya hal ini sudah dimulai di beberapa rumah sakit. Pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 dan masih mengalami berbagai keluhan dapat dilayani dengan baik di klinik pasca-Covid ini.

"Kita perlu melakukan berbagai penelitian tentang pasca-Covid, baik yang bersifat penelitian ilmiah dasar (basic science) dalam aspek biomolekuler dan juga penelitian klinik terapan, termasuk menemukan cara penanganan dan pengobatan terbaik," tuturnya.

Sementara dari kacamata ekonomi kesehatan, harus ada mekanisme keuangan. Hal itu agar pasien pasca-Covid dapat terus mendapat penangangan medik dengan baik tanpa harus terbebani biaya yang tidak dapat dia tanggung, ini sesuai dengan prinsip Universal Health Care (UHC) yang dianut dunia.

Terkait long Covid ini, Organisasi Kesehatan Dunia, WHO telah melakukan pengumpulan pendapat para pakar dari berbagai negara dalam bentuk Konsensus Delphi untuk membuat definisi keadaan ini, dan telah dipublikasi pada 6 Oktober 2021. Dalam publikasi WHO 6 Oktober 2021 ini ada lima pengertian tentang long Covid, yang dalam publikasi ini disebut sebagai post-Covid.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA