Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Museum Jepang Pajang Ubin Mihrab Masjid Bersejarah

Senin 18 Oct 2021 12:31 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Museum Jepang Pajang Ubin Mihrab Masjid Bersejarah. Sebuah ubin mihrab bersejarah Iran yang dihias dengan ayat-ayat Alquran dipasang di Museum INAX di Aichi, Jepang.

Museum Jepang Pajang Ubin Mihrab Masjid Bersejarah. Sebuah ubin mihrab bersejarah Iran yang dihias dengan ayat-ayat Alquran dipasang di Museum INAX di Aichi, Jepang.

Foto: Iqna
Ubin tersebut berhiaskan ayat Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, AICHI -- Sebuah ubin mihrab bersejarah Iran yang dihias dengan ayat-ayat Alquran dipasang di Museum INAX di Aichi, Jepang. 

Seperti dilansir Iqna.ir, Senin (18/10), ubin mihrab itu dipasang di The Tile Museum kompleks Museum INAX. The Tile Museum kompleks Museum INAX telah mendirikan ruangan khusus yang dinamai “Ubin Islami dari Iran” setelah menerima ubin mihrab baru. Mihrab adalah ceruk di masjid yang menghadap ke Makkah dan seorang imam melakukan sholat di sana.

Baca Juga

Peninggalan bersejarah tersebut telah dipindahkan ke Jepang atas kerjasama Organisasi Kebudayaan dan Komunikasi Islam dan Museum Nasional Iran.

Berjudul "Pintu Surga", mihrab telah dihiasi dengan ubin yang membawa ayat-ayat Alquran. Ayat 44 dan 47 Surat Al-A'raf telah ditulis dalam aksara Thuluth. Pengunjung dapat melihat ayat 47 Al-Isra dalam aksara Kufi pada salah satu kolom. Syahadat telah ditulis di atas mihrab sementara kolom dalam membawa Surat Al-Fatihah.

Atase kebudayaan Iran untuk Jepang Hossein Divsalar mengatakan lima karya ubin berharga yang berkaitan dengan era Islam akan dipajang di museum Jepang bagian Iran. Dengan ukuran 210 cm dalam 330 cm, "Pintu Surga" berasal dari Era Ilkhanate (1256-1335 M) dan awalnya dipasang di sebuah kuil di Qom.

Menurut Divsalar, Museum INAX telah menunjukkan minat memamerkan peninggalan Iran dan Islam. The Tile Museum adalah museum unik yang didedikasikan untuk memperkenalkan daya tarik ubin dekoratif dan sejarah perkembangan ubin di seluruh dunia. Dari koleksi lebih dari 7.000 ubin dekoratif dari seluruh dunia, dari zaman kuno hingga era modern, contoh dipilih dengan cermat untuk dipamerkan kepada publik.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA