Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Anies Ungkap Pentingnya Persatuan dalam Munas Ulama PPP 

Senin 18 Oct 2021 06:29 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Foto: Dok Pemprov DKI
Keberagaman merupakan ciptaan Allah yang harus diterima oleh manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Pondok Pesantren Fadlul Fadlan, Semarang, Jawa Tengah. Dalam acara tersebut, dia mengungkapkan, pentingnya persatuan bagi Indonesia.

"Persatuan adalah ikhtiar manusia, persatuan adalah hasil kerja kita. Jadi yang harus kita dorong itu persatuan," ujar Anies di Pondok Pesantren Fadlul Fadlan yang dipantau secara daring, Ahad (17/10).

Dia menjelaskan, keberagaman merupakan ciptaan Allah yang harus diterima oleh manusia. Untuk itu, diperlukan persatuan yang merupakan hasil kerja manusia yang perlu terus dijaga oleh rakyat Indonesia.

Dia juga mengungkapkan, bahwa DKI Jakarta yang dipimpinnya sekarang merupakan miniatur dari Indonesia. Pasalnya, di sana terdapat berbagai suku, agama, dan budaya yang disatukan di satu wilayah.

"Semua ada (di Jakarta) pulau manapun ada, sebutkan kabupaten manapun ada, lengkap. Jadi kalau tanya Jakarta, itu lengkap beragam," ujar Anies.

Keberagaman Indonesia masih kalah dengan negara seperti India, Afghanistan, dan Papua Nugini. Namun yang membedakannya adalah persatuan, seperti jargon PPP, yakni merawat persatuan dengan pembangunan.

"Jadi kata terpentingnya adalah tunggal, jadi itu yang membedakan Indonesia dibanding dengan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia," ujar Anies.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA