Ahad 17 Oct 2021 22:41 WIB

Luas Tanam Padi Belitung Capai 117 Hektare

Produksi padi pada musim panen di Belitung diperkirakan mencapai 468 ton GKG.

Panen padi (ilustrasi). Pemkab Belitung mencatat, luas tanam padi hingga periode Oktober - Maret mencapai 117 hektare.
Foto: Antara/Akbar Tado
Panen padi (ilustrasi). Pemkab Belitung mencatat, luas tanam padi hingga periode Oktober - Maret mencapai 117 hektare.

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat luas tanam padi hingga periode Oktober - Maret mencapai 117 hektare. Lahan tersebut tersebar di sejumlah Kecamatan daerah itu.

"Luas tanam padi sawah periode saat ini tercatat seluas 117 hektare," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Belitung, Tenny Meireni di Tanjung Pandan, Ahad (17/10).

Baca Juga

Menurut dia, dengan luas tanam tersebut, maka produksi padi pada musim panen nanti diperkirakan mencapai sebanyak 468 ton Gabah Kering Giling (GKG). Ia mengimbau, para petani dapat menjaga dan merawat tanaman padinya baik seperti pada proses pembenihan, penanaman dan pemupukan guna mengantisipasi terjadinya gagal panen.

"Jumlah produksi tersebut kami perkirakan jika rata-rata produksi padi yang ditanam tersebut menghasilkan empat ton per hektare," ujar dia.

Tenny menambahkan, untuk saat ini Indeks Pertanaman (IP) padi di daerah itu rata-rata sebanyak dua kali setahun. DKPP Belitung menargetkan agar IP petani bisa ditingkatkan menjadi tiga hingga empat kali dalam setahun guna meningkatkan produksi padi di daerah itu.

"Hanya saja tahun ini beberapa lokasi di Membalong terkendala air saat musim tanam tiba sehingga biasanya dua kali tanam kini hanya satu kali tanam," kata dia.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement