Ahad 17 Oct 2021 08:37 WIB

Kota Cirebon Bangun Shelter PMKS

Pembangunan shelter jadi bukti komitmen Pemkot Cirebon untuk menanggulangi PMKS.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis
Foto: Diskominfo Kota Cirebon
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Kota Cirebon mulai membangun shelter Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Hal itu bukti komitmen Pemerintah daerah (Pemda) Kota Cirebon dalam penanganan terhadap permasalahan sosial.

"Kita melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan shelter PMKS Dinas Sosial Kota Cirebon," ujar Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis.

Azis mengatakan, peletakan batu pertama itu merupakan momentum diterapkannya sebuah strategi yang integratif dalam penanganan penanggulangan PMKS di Kota Cirebon. Sekaligus bukti komitmen Pemda Kota Cirebon untuk menanggulangi PMKS.

Shelter PMKS itu nantinya difungsikan sebagai tempat transit sementara atau unit gawat darurat (UGD) sosial. Selama berada di shelter PMKS itu, warga binaan akan mendapatkan pemenuhan kebutuhan dasar seperti makan, perawatan kesehatan, alat-alat mandi, pakaian.

Nantinya pekerja sosial, dokter, psikolog dan psikiater akan melakukan wawancara dan evaluasi untuk mengetahui kemana PMKS itu dirujuk. "Permasalahan PMKS harus dilakukan secara terpadu. Tidak bisa sendiri-sendiri," tukas Azis.

PMKS dinilai menjadi masalah sosial yang pemecahannya harus dicari bersama-sama. Apalagi, pandemi Covid-19  yang selama ini berlangsung tidak hanya berdampak pada segi kesehatan, namun juga ekonomi yang akhirnya menimbulkan sejumlah permasalahan sosial.

"Hampir saja shelter ini kena refocusing. Padahal kebutuhan akan shelter ini tidak bisa ditunda lagi. yaitu untuk penanganan PMKS di Kota Cirebon," tutur Azis.

Mengingat pentingnya keberadaan shelter, tahun depan anggaran untuk pembangunan shelter PMKS tahap kedua akan kembali digelontorkan. Ditargetkan shelter PMKS tahap satu selesai Desember 2021 mendatang.

"Bersyukur ada ibu kadis sosial dan pejuang-pejuang sosial yang memiliki semangat untuk membantu orang lain. Mereka memiliki kepedulian terhadap sesama," ujar Azis.

Azis berharap agar pembangunan shelter PMKS itu dapat berjalan dengan lancar dan segera difungsikan sebagaimana mestinya. Dengan demikian, dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas kesejahteraan sosial masyarakat Kota Cirebon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement