Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

4 Cara Tingkatkan Keamanan MacBook

Sabtu 16 Oct 2021 18:36 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi MacBook

Ilustrasi MacBook

Foto: Foto : MgRol_92
MacBook tidak aman dari ancaman virus atau malware.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin banyak orang berpendapat  bahwa Macbook aman dan kebal terhadap virus dan masalah keamanan serupa. Namun, itu ternyata hanya mitos.

Mac dikenal rentan terhadap virus. Tentu, Anda dapat menggunakan perangkat lunak antivirus di MacOS untuk melindungi perangkat. Selain itu, Anda juga bisa mengambil beberapa langkah sederhana. Berikut ini caranya dilansir dari Digital Trends, Senin (11/10).

Baca Juga

Aktifkan Filevault

Sebagai bagian dari fitur keamanan di MacBook Anda, FileVault adalah pengaturan yang dapat membantu mengenkripsi semua data di hard drive MacOS utama Anda.

Dengan itu, data Anda akan dienkripsi menggunakan standar enkripsi XTS-AESW 123. Cara ini mempersulit seseorang untuk mengakses file Anda jika mesin Mac Anda dicuri.

FileVault tersedia di Mac OS X Lion atau lebih baru. Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik Apple Menu dan memilih System Preferences > Security and Privacy > tab FileVault.

Saat dihidupkan, Anda harus selalu masuk ke MacBook dengan kata sandi akun Anda. Jika Anda lupa kata sandi MacBook dan ingin membuka kunci data, Anda dapat menggunakan Apple ID sebagai alternatif untuk membuka kunci. Namun, jika Anda kehilangan kata sandi akun dan kunci pemulihan FileVault, Anda tidak akan dapat masuk ke Mac atau mengakses data di startup disk. 

Gunakan firewall

Cara menggunakannya yakni dengan buka Apple Menu, pilih System Preferences > Security and Privacy > Turn on Firewall.

Setelah Anda melakukan ini, Anda dapat menentukan aplikasi tertentu yang dapat menghubungkan atau memblokir semua koneksi masuk, mengizinkan aplikasi bawaan untuk menerima koneksi, atau hanya aplikasi yang diunduh.

Anda bahkan dapat memilih mode sembunyi-sembunyi, yang akan mempersulit peretas dan malware untuk menemukan Mac Anda. Perlu diingat ini adalah firewall internal sebagai firewall satu arah karena hanya menawarkan perlindungan pada jaringan masuk.

Anda memerlukan firewall keluar berbayar untuk perlindungan dari serangan paling canggih. Sebab, firewall ini memberi tahu Anda tentang sesuatu yang Anda unduh yang terhubung ke jaringan tanpa izin Anda.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA