Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

NF Education Center Gelar Webinar Peningkatan Literasi

Sabtu 16 Oct 2021 16:40 WIB

Red: Agung Sasongko

NF Education Center Gelar Webinar Peningkatan Literasi

NF Education Center Gelar Webinar Peningkatan Literasi

Foto: istimewa
Webinar dibagi menjadi dua sesi yakni pemaparan oleh masing-masing keynote speaker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- NF Education Center (NFEC) menyelengggarakan seminar virtual (webinar) beriringan dengan bulan bahasa kali ini dengan tema “Menyiapkan generasi: Pembangunan Negeri melalui Peningkatan kualitas Literasi”.

Webinar yang dilaksanakan secara terbuka melalui kanal Zoom “NF education center ” ini diselenggarakan pada Sabtu, (16/10). Webinar dibagi menjadi dua sesi yakni pemaparan oleh masing-masing keynote speaker dan sesi tanya jawab singkat dengan peserta. Webinar ini dimoderatori oleh Nova Setya Rina selaku Kepala Biro Learning Resouces Center NFBS Bogor.

Baca Juga

Sesi pertama pemaparan dimulai sekitar pukul 09.15 WIB dengan narasumber pertama yaitu Irwan Kelana, Novelis dan Redaktur senior dari Republika. Irwan membahas topik berjudul “Membaca berkualitas, menembus lintas batas”. Diawali dengan membagikan kisah hidupnya bahwa Ia memulai ketertarikannya membaca dari membaca buku “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”, salah satu karya sastra terkenal dari Buya Hamka.

Latar belakang keluarga sebagai petani tidak pernah menjadi penghalang untuk membaca, justru lebih jauh ia memaknai pengalaman membacanya sebagai pembuka bagi cakrawala berpikir dan cakrawala ilmu. Seseorang yang terbiasa membaca maka akan terbuka wawasannya untuk melihat lebih jauh, bermimpi, dan berimajinasi.

“Semakin banyak membaca, semakin ingin menulis,” tambahnya.

Pengalamannya untuk menulis sudah dimulai sejak SMP, beliau banyak mengikuti banyak lomba penulisan. Perlombaan-perlombaan inilah yang juga mewujudkan satu persatu mimpi beliau sejak tingkat SMA; dari memenangkan mesin tik, menginap di hotel berbintang, bertemu tokoh-tokoh terkenal, hingga mendapat undangan haji dari kerajaan Arab Saudi. Hingga kini, Irwan kelana telah menulis dan menerbitkan lebih dari 30 buku sejak tahun 2000an.

Irwan mengatakan bahwa cara untuk menunjukkan kemampuan adalah dengan berkarya, tetaplah ingat bahwa ada misi yang mau kita sampaikan dalam karya, lalu jangan terlalu banyak memikirkan apa kata orang. Irwan juga berpesan, “ Dengan membaca dapat membuka cakrawala dunia, dengan menulis dapat mengantarkan anda keliling dunia. Maka dengan rajin membaca dan menulis, maka dunia berada di genggaman anda. Insha Allah.”

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA