Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Anies: Jakarta Siap Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

Sabtu 16 Oct 2021 11:33 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Jakarta tuan rumah balapan Formula E pada 4 Juni 2022.

Jakarta tuan rumah balapan Formula E pada 4 Juni 2022.

Foto: Dok Formula E
Penyelenggara Formula E yang akan mengumumkan lokasi balapan di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyambut baik penetapan Ibu Kita sebagai tuan rumah balap mobil listrik Formula E pada tahun depan. Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balapan mobil listrik musim ke-8 tersebut.

"Saya ingin sampaikan terima kasih, Jakarta menyambut baik bahwa sudah diumumkan kita menjadi tuan rumah dan kita akan bersiap untuk bulan Juni tanggal 4 tahun 2022," kata Anies saat ditemui di Kampung Tanah Merah, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Sabtu (16/10).

Menurut dia, FEO Limited selaku penyelenggara Formula E yang akan mengumumkan lokasi balap mobil tersebut. Mereka juga sudah memeriksa sejumlah alternatif lokasi balapan di sirkuit jalanan Jakarta. "Sudah semuanya, sudah dikerjakan," tutur Anies.

Provinsi DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap mobil listrik ABB FIA Formula E pada 2022 berdasarkan penetapan FIA World Motor Sport Council di Kota Paris, Prancis pada Jumat (15/10) waktu setempat. Ketetapan tersebut sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Dalam video yang dibagikan khusus untuk penggemar olahraga otomotif di Indonesia, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, memberi apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo dalam video yang diunggah pada Sabtu.

Selain Jakarta, Formula E hadir di kota ikonik dunia, seperti Diriyah (Arab Saudi), Roma, Monako, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul. Adapun kota di Cina dan Rusia akan ditetapkan kemudian. Setiap seri balapan, akan diikuti 22 pembalap yang harus memacu kendaraannya, yang diklaim ramah lingkungan tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA