Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Formula E di Trek Jalanan Efektif Promosikan Jakarta

Sabtu 16 Oct 2021 08:41 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Rilis resmi jadwal Jakarta menjadi tuan rumah Formula E.

Rilis resmi jadwal Jakarta menjadi tuan rumah Formula E.

Foto: Dok Formula E
Jakarta resmi menjadi tuan rumah balapan Formula E musim ke-8 tahun 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FIA World Motor Sport Council di Kota Paris, Prancis pada Jumat (15/10) waktu setempat, resmi menetapkan Jakarta sebagai salah satu tuan rumah balapan Formula E kalender balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, mengapresiasi partisipasi Indonesia dalam mengikuti ajang balapan mobil listrik tersebut. Longo menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E. Apalagi, Indonesia ingin menjadi pusat produksi mobil listrik.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo.

Memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota ikonik dunia, termasuk Diriyah (Arab Saudi), Roma, Meksiko City, Monako, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul. Cina dan Rusia juga akan menjadi tuan rumah, namun kota penyelenggaraannya belum ditentukan.

Jakarta E-Prix 2022 menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menunjuk PT Jakarta Propertindi (Jakpro) sebagai penyelenggara balapan Formula E.

Direktur Utama Jakpro, Widi Amanasto, menyampaikan trek jalanan dalam kota akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta. "Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor," kata Widi.

Pada 2022, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah beberapa gelaran balap dunia, termasuk MotoGP. Hal itu tentunya bisa memberikan kesempatan yang besar untuk mempromosikan negeri Indonesia.

Untuk memaksimalkan manfaat ekonomi, Formula E di Jakarta bukan hanya digelar dalam satu acara, melainkan rangkaian acara sepanjang beberapa bulan hingga Juni 2022. Acara itu tentu akan melibatkan banyak stakeholder, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kami berharap, balapan ini akan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak," kata Ketua OC Jakarta E-Prix, yang juga Direktur Pengelolaan Aset Jakpro, Gunung Kartiko.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA