Wapres: Ini PON Tersulit yang Bisa Diselenggarakan

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Musisi Yura Yunita menghibur penonton saat upacara penutupan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10). Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin dengan juara umum diraih Jawa Barat. PON XXI akan kembali diselenggarakan tahun 2024 dengan tuan rumah Aceh dan Sumatera Utara. Republika/Thoudy Badai
Musisi Yura Yunita menghibur penonton saat upacara penutupan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10). Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin dengan juara umum diraih Jawa Barat. PON XXI akan kembali diselenggarakan tahun 2024 dengan tuan rumah Aceh dan Sumatera Utara. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Wapres berharap keberhasilan PON Papua berlanjut.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengaku bangga atas tekad dan dedikasi Pemerintah dan masyarakat Papua yang bahu membahu mempersiapkan dan menyelenggarakan PON ke-XX Papua 2021. Menurut Wapres, ini karena penyelenggaraan PON XX di Papua ini tidak mudah dilakukan, salah satunya karena di tengah pandemi Covid-19.

"PON XX ini diselenggarakan dalam kondisi pandemi COVID-19, yang menuntut kerja ekstra dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat. Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan," kata Wapres saat menutup PON ke-XX Papua 2021 di Jayapura, Papua, Jumat (15/10).

Baca Juga

Wapres mengungkap, beberapa catatan yang membuat penyelengaraan PON XX Papua tidak mudah, selain pandemi Covid-19. Pertama, pembangunan infrastruktur olah raga yang sangat masif, dengan standar dan kualitas internasional. 

Kedua, lokasi penyelenggaraan atau venue sangat tersebar dari Jayapura, Mimika dan Merauke. Ini membuat jarak antar satu venue dengan yang lain merupakan yang terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON selama ini.

"Tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya, bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa! Torang bisa bukan hanya semboyan tetapi nyata dan terbukti," kata Wapres.

Wapres pun mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Papua, atas kesuksesan PON. Menurutnya, ini menunjukkan Papua bukan saja sejajar dengan provinsi lain di Indonesia, tetapi dalam beberapa aspek justru jauh lebih unggul.

Wapres berharap, keberhasilan PON XX dapat dilanjutkan dengan keberhasilan penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVI di Papua, yang direncanakan akan dimulai pada bulan November 2021.

"Terima kasih telah menjadi tuan rumah yang hangat. Sampai bertemu lagi pada PON XXI nanti," ujarnya.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


Wapres Ingin Papua dan Papua Barat Lebih Maju. Foto:  Peta Papua. Ilustrasi

Wapres Ingin Papua dan Papua Barat Lebih Maju

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kiri) beserta istri menemui tim polo air putra Jawa Barat seusai memenangkan pertandingan melawan tim polo air putra DKI Jakarta pada PON Papua di Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Ahad (3/10/2021). Tim polo air putra Jawa Barat berhasil menyumbang medali emas setelah mengalahkan tim polo air putra DKI Jakarta dengan skor 8-5.

Ridwan Kamil: Saya Bahagia Lahir Batin dengan PON Papua

Taj Yasin

Namanya Disebut Terkait Ricuh Tinju, Ini Kata Wagub Jateng

Kontingen Jawa Barat mengikuti defile pada Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021)

Jabar Juara Umum, Ini Klasemen Akhir PON Papua

Warga suku Kanum dari Papua New Guinea melintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (15/10/2021). WNA tersebut menuju Indonesia untuk membeli kebutuhan pokok.

Perbatasan Wilayah Papua dan Papua Nugini di Merauke

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image