Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Mahasiswa Hadirkan Peluang Usaha dari Kebijakan Pemerintah

Jumat 15 Oct 2021 15:24 WIB

Red: Gita Amanda

 Khodijah, mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal. Ia membuka usaha dengan mencoba memproduksi sendiri masker kain, dengan berbagai kreasi dan inovasi yang ditawarkan.

Khodijah, mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal. Ia membuka usaha dengan mencoba memproduksi sendiri masker kain, dengan berbagai kreasi dan inovasi yang ditawarkan.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Peran BSI Entrepreneur mendukung mahasiswa menjalankan bisnis dari kecil hingga besar

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Pandemi Covid-19 mewajibkan pemerintah menggunakan masker. Peraturan tersebut juga membuat harga masker melambung tinggi karena barangnya langka.

Banyaknya permintaan pasar akan masker, juga menghadirkan peluang untuk membuka usaha atau produksi akan masker semakin terbuka. Kesempatan tersebut tak dilewatkan Khodijah, mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal. Ia membuka usaha dengan mencoba memproduksi sendiri masker kain, dengan berbagai kreasi dan inovasi yang ditawarkan.

Baca Juga

"Kondisi pandemi, awal-awal dengan peraturan yang mengharuskan untuk memakai masker, pasokan masker sangat langka. Aku manfaatin dan berpikir untuk bikin masker kain aja kali ya, tapi dengan berbagai motif menarik," katanya, Kamis (14/10).

Usahanya tersebut, ia buka sejak awal terjadinya pandemi, pada April 2020 silam. Penghasilan yang ia dapatkan, mencapai jutaan rupiah perbulannya.

Dalam menjalani bisnisnya itu, Khodijah kadang sering merasa pesimis, karena sambil mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi. Namun, rasa pesimisnya itu, bisa hilang dengan keseriusannya menjalani bisnis ini.

"Awalnya aku memasarkan produknya ke orang-orang terdekat. Sampai akhirnya mempromosikan lewat media sosial, seperti Instagram, Whatsapp dan Facebook, banyak pelanggan dari sana," tambahnya.

Selain itu, strategi yang ia lakukan, juga sering membuka promo-promo menarik untuk mendatangkan pelanggan.

Keberhasilan Khodijah, tak lepas dari peran BSI Entrepreneur Center (BEC) kampus Tegal. Menurut Angga Ardiansyah, selaku koordinator BEC kampus Tegal menyebutkan, pihaknya sangat mendukung terhadap mahasiswa yang menjalankan bisnis, baik itu skala kecil maupun besar.

"Saat di kampus, mahasiswa Universitas BSI memang kami wadahi bagi mereka yang ingin merintis usahanya. Di BEC kami coaching mereka, mentorin mereka dan selalu adakan seminar maupun workshop tentang kewirausahaan," kata Angga.

Atas pencapaiannya itu, Khodijah berterima kasih kepada lembaga BEC, atas bimbingannya, bisa membawanya menjadi seperti ini, sukses berwirausaha. "Terima kasih BEC kampus Tegal atas dukungan dan motivasinya. Harapannya kedepan untuk BEC, agar semakin giat lagi dalam membimbing dan berinovasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya," jelas Khodijah.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA