Jumat 15 Oct 2021 13:05 WIB

WhatsApp Rilis Enkripsi End-to-End untuk Cloud Backup

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menyimpan salinan riwayat perpesanan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp
Foto: EPA/Ritchie B.Tongo
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp sekarang meluncurkan fitur yang mengizinkan enkripsi ke chat cloud backup. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan salinan riwayat perpesanan mereka tanpa mengorbankan privasi mereka.

Fitur ini diluncurkan ke pengguna secara bertahap. Cloud backup terenkripsi pertama kali tiba untuk beberapa pengguna beta musim panas lalu. Namun, kebanyakan orang tidak memiliki akses ke fitur tersebut.

Baca Juga

Pada Kamis (14/10) WhatsApp memulai peluncuran yang lebih luas, menjangkau yang menginginkan opsi untuk menyimpan log pesan terenkripsi di iCloud atau Google Drive.

Dilansir dari Slashgear, Jumat (15/10), ini adalah fitur utama karena memungkinkan pengguna untuk mengakses pesan masa lalu mereka bahkan jika mereka kehilangan ponsel mereka. Meskipun Anda mungkin tidak ingin menyimpan semua yang pernah Anda kirim, mungkin ada beberapa momen khusus dan percakapan penting yang tidak ingin Anda hilangkan, dan di situlah cloud backup berguna.

Cadangan cloud terenkripsi end-to-end mencakup log obrolan, panggilan video, pesan suara, pesan berbasis teks dan pesan berbasis media. Pengguna diberi opsi untuk mengamankan cadangan terenkripsi mereka dengan kunci enkripsi 64 digit atau kata sandi.

Anda memerlukan versi terbaru WhatsApp di Android atau iOS untuk mengakses fitur baru. Untuk mengakses fitur ini, buka Pengaturan lalu ketuk Obrolan > Cadangan Obrolan > Cadangan Terenkripsi end-to-end. Anda akan diminta untuk membuat kata sandi atau kunci enkripsi, setelah itu proses pencadangan akan dimulai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement