Jabar Juara Umum PON, Kamil: Ini Hasil Keringat dan Tangis

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Akbar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan sambutan saat peresmian Alun-Alun Sorong, Papua, Jumat (1/10).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan sambutan saat peresmian Alun-Alun Sorong, Papua, Jumat (1/10).
Foto: Istimewa
PON rencananya ditutup Jumat (15/10) ini oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Jawa Barat dipastikan mempertahankan gelar juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021.

Jabar meraih 133 emas, 105 perak, dan 118 perunggu. Di tempat kedua DKI Jakarta dengan 110 emas, 91 perak, 100 perunggu, disusul Jawa Timur dengan 110 emas, 89 perak, 90 perunggu. Sedangkan tuan rumah Papua harus puas di posisi keempat dengan 93 emas, 67 perak, dan 102 perunggu.
 
PON rencananya ditutup pada Jumat (15/10) ini oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, hasil juara umum ini menjadikan Jabar mengulang sejarah 70 tahun lalu ketika mampu meraih juara umum berturut-turut. “Ini penantian 70 tahun dimana Jabar kembali juara umum berturut-turut sejak 1951-1953,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Jumat (15/10).

Menurut Emil, hasil ini merupakan perjuangan dan kerja keras yang luar biasa dari atlet, pelatih, tim dan keluarga kontingen Jabar.

“Ini hasil dari keringat, tangis dan darah, buah dari kerja keras, ketekunan dan kedisplinan serta kerjasama seluruh stakeholder olahraga di Jawa Barat,” katanya.

Emil mengatakan, jika motto olimpiade itu adalah tercepat, tertinggi dan terkuat, baginya PON lebih dari itu. “PON tentang ruang persaudaraan dan persatuan. Ini bukan sekedar prestasi medali, namun bukti cinta  para atlet kepada Jawa Barat,” katanya.

Renang menjadi cabang olahraga terakhir penyumbang medali bagi kontingen Jabar di PON Papua XX/2021. Pada pertandingan terakhir di Kolam Renang Aquatik, Kampung Harapan, Stadion Lukas Enembe, para atlet renang berhasil menambah satu emas, dua perang, dan satu perunggu.

Baca juga : Atlet Kabupaten Bogor Sumbang 29 Medali Emas di PON XX

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Komentar

Terkait


Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman memberikan sambutan dan laporan pada Upacara Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).

Ketum KONI Klaim Cabor Karate PON Papua Lancar tanpa Rusuh

Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin.

Atlet Kabupaten Bogor Sumbang 29 Medali Emas di PON XX

Logo PON XX Papua

Update PON XX, 125 Orang Terkonfirmasi Positif

Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) PON XX memberikan penghargaan kepada 445 relawan protokol kesehatan (prokes), Kamis (14/10).

BNPB Beri Penghargaan kepada 445 Relawan Prokes PON XX

Pelatih sepak bola Papua Eduard Ivakdalam diarak oleh para pesepak bola Papua usai menang atas tim Aceh pada babak final Sepak Bola Putra PON Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Kamis (14/10/2021). Tim sepak bola putra Papua menang atas Aceh dengan skor 2-0.

Papua Dominasi Cabor Sepak Bola PON 2021

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image