Jumat 15 Oct 2021 05:51 WIB

KSAD Resmikan Satuan Brigade Kavaleri Pertama di TNI AD

Brigkav 1/Limpung Alugoro di bawah Kodam Jaya dipimpin Kolonel Agus Waluyo.

Peresmian Brigade Kavaleri (Brigkav) 1/Limpung Alugoro.
Foto: Dok Pendam Jaya
Peresmian Brigade Kavaleri (Brigkav) 1/Limpung Alugoro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) memiliki struktur organisasi baru bernama Brigade Kavaleri (Brigkav) 1/Limpung Alugoro (LA) yang bermarkas di Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa meresmikan satuan tersebut di Gedung E Mabesad, Jakarta Pusat, Kamis (14/10).

Peresmian satuan diawali dengan penyerahan dhuaja Brigade Kavaleri I/Limpung Alugoro dari KSAD kepada Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji. Kemudian, dilanjutkan pernyataan peresmian oleh KSAD, dan penandatanganan berita acara.

Organisasi tersebut merupakan brigkav pertama di Indonesia, yang membawahi dua batalyon kavaleri (yonkav) yang bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur dan Kota Tangerang. "Pembentukan brigkav ini sebagai pelengkap Yonkav7/Panser Khusus dan Yonkav 9/Satya Dharma Kala," kata Mulyo usai peresmian satuan brigkav di Mabesad.

Adapun Kolonel Agus Waluyo, abiturien Akademi Militer (Akmil) 1997 ditunjuk menjadi komandan brigkav. Agus merupakan eks Komandan Kodim 1417/Kendari. Brigkav 1/LA berada di bawah komando dan pengendalian (kodal) Kodam Jaya/Jayakarta.

Brigade yang mulai dirintis pada 2018, menempati markas yang berdiri di atas lahan seluas 8,2 hektare di Jalan Rawa Kutuk, Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel, Provinsi Banten. Dengan adanya brigade tersebut, diharapkan dapat menjadi kekuatan tambahan bagi Kodam Jaya dalam menjaga keamanan di Ibu Kota.

Saat peresmian Markas Brigkav 1/LA, Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji menjelaskan, menghadapi hakikat ancaman yang semakin kompleks di wilayah DKI Jakarta, membuat perlu dibentuk satuan baru, yaitu brigade kavaleri pertama di Indonesia. Menurut dia, selama ini, satuan kavaleri memang belum memiliki satuan setingkat brigade.

Padahal, infanteri dan arhanud memiliki satuan setingkat brigade. Sehingga dilakukan penataan organisasi di kavaleri dengan hadirnya Brigkav-1/Limpung Alugoro. "Dengan dibentuknya brigkav ini akan menambah kekuatan Kodam Jaya," kata Mulyo.

Dalam catatan Republika, TNI AD pernah memiliki Brigkav Artileri Berlapis Baja (Arbeba) di bawah Divisi Infanteri/1 Kostrad yang bermarkas di Kota Bandung, Jawa Barat. Namun, organisasi yang berlambar beruang hitam tersebut dilikuidasi berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor: Skep/ 220 / III/1985 tanggal 18 Maret 1985, pada era Panglima TNI Jenderal Benny Moerdani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement