Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Pulau Spongebob Jadi Andalan Pariwisata di Simeulue Aceh

Kamis 14 Oct 2021 23:48 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Pulau Spongebob akan dijadikan pariwisata andalan di Simeulue, Aceh (ilustrasi).

Pulau Spongebob akan dijadikan pariwisata andalan di Simeulue, Aceh (ilustrasi).

Foto: Antara
Pulau ini mirip dengan pulau animasi dalam serial "Spongebob Squarepants".

REPUBLIKA.CO.ID, SIMEULUE -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue, Aceh, menjadikan Pulau Spongebob sebagai salah satu andalan wisata di kabupaten kepulauan yang berada di Samudera Hindia tersebut. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue, Asmanuddin, mengatakan Pulau Spongebob itu akan dimasukkan dalam rencana induk pengembangan pariwisata daerah Kabupaten Simeulue.

Pulau tersebut berada Desa Bunon, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh. "Kini, pulau ini menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Simeulue," kata Asmanuddin.

Menurut dia, dengan masuknya dalam rencana induk pariwisata daerah, maka Pulau Spongebob akan dikelola dengan baik dan menjadi destinasi pariwisata andalan.

"Selain pulau tersebut, kami juga mengembangkan objek wisata lainnya, sehingga nanti Pulau Simeulue menjadi destinasi pariwisata di Provinsi Aceh," kata Asmanuddin.

Kepala Desa Bunon Alinur mengatakan objek wisata Pulau Spongebob dikenal masyarakat dengan nama Anudaiyan Balong atau tempat beristirahat bangau. Kondisinya masih alami, belum ada fasilitas khusus yang dibangun. 

"Pulau ini banyak dikunjungi, terutama saat hari libur. Pulau tersebut tidak jauh dari bibir pantai dan dekat jalan," kata Alinur.

Menurut Alinur, pulau ini mirip dengan pulau animasi dalam serial "Spongebob Squarepants". Jaraknya kurang lebih dua jam perjalanan dari pusat kota Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue.

Sebelum pandemi Covid-19, kata Alinur, pulau berbatu karang tersebut akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung. Namun, rencana tersebut gagal karena wabah Covid-19. "Jika nanti wabah Covid-19 berakhir, kami upayakan kembali pembangunan fasilitas wisata pulau tersebut dengan harapan menjadi destinasi andalan di Kabupaten Simeulue," kata Alinur.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA