Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Riri Riza Syuting Film Bertema Budaya di Saribu Rumah Gadang

Kamis 14 Oct 2021 22:29 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Qommarria Rostanti

Sutradara Riri Riza.

Sutradara Riri Riza.

Foto: ROL/Abdul Kodir
Saribu Rumah Gadang dinilai memiliki potensi wisata budaya yang potensial.

REPUBLIKA.CO.ID, MUARA LABUH -- Sutradara Riri Riza, melakukan produksi pembuatan film di Kawasan Perkampungan Adat Nagari Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan (Solsek). Riri memproduksi film bertemakan budaya yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan melalui program Pekan Kebudayan Nasional (PKN). 

Rencananya pria yang pernah menyutradarai film Laskar Pelangi dan Petualangan Sherina itu rencananya memproduksi film di Solsel selama lima hari, terhitung sejak Rabu (13/10). Film tersebut dijadwalkan tayang pada akhir Oktober dan akan disiarkan secara nasional, virtual, dan di sejumlah TV swasta.

Riri Riza berterima kasih karena telah disambut baik di Solok Selatan. Menurut Riri, Saribu Rumah Gadang memiliki potensi wisata budaya yang potensial. "Ini harus kita kembangkan karena memiliki banyak keunikan dan ciri khas tersendiri," ujar Riri.

Ketua TP-PKK yang juga Ketua Dekranasda Solok Selatan, Erniati Khairunas, mengatakan masyarakat Solsel merasa bangga daerah mereka menjadi lokasi syuting film yang akan digarap Riri Riza.

"Terima kasih buat Mas Riri dan kru lainnya, serta pihak kementerian, yang telah memilih kawasan Saribu Rumah Gadang ini sebagai lokasi syuting film dalam rangka PKN ini," kata Erniati, Kamis (14/10).

Erniati menyebut adanya produksi film ini, otomatis akan ikut membantu promosi Solok Selatan. Khususnya kawasan Saribu Rumah Gadang. Kawasan tersebut memang kawasan wisata budaya yang unik dan berbeda dengan perkampungan lainnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA