Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Dorong Ekowisata, Nindya Karya Bangun Infrastruktur Bunaken

Kamis 14 Oct 2021 21:02 WIB

Red: Fuji Pratiwi

 Tepian pantai di Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (ilustrasi). PT Ninda Karya melakukan penataan kawasan Bunaken.

Tepian pantai di Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (ilustrasi). PT Ninda Karya melakukan penataan kawasan Bunaken.

Foto: Republika/Edi Yusuf
Bunaken ditata agar tampil lebih menarik bagi wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Site Engineering Manager PT Nindya Karya, Erik Prima, optimistis pembangunan infrastruktur di Taman Nasional Bunaken di Kota Manado, Sulawesi Utara, akan mendorong ekowisata di kawasan tersebut.

"Itu harapan kami agar ekowisata di daerah tersebut akan terus bertumbuh," kata Erik di Manado, Kamis (14/10).

Dia optimistis penataan kawasan Taman Nasional Bunakenakan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu. Ada beberapa proyek yang dibangun PT Nindya Karya di kawasan itu. Mulai dari tempat pembuangan sampah, saluran drainase berbasis pipa, gerbang Bunaken, dermaga, galeri wisata, dan terminal orang.

"Jadi kita tata sedemikian rupa kawasan Bunaken agar tampil lebih menarik bagi wisatawan," ujar Erik.

Erik memberikan apresiasi kepada masyarakat di kawasan itu yang ikut berpartisipasi dalam pengerjaan proyek. "Kami mengundang tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Bunaken, kemudian kami ditawarkan ada pekerjaan, selanjutnya masyarakat yang kerjakan sesuai dengan mutu," kata dia.

Pekerjaan yang dilakukan masyarakat ini, lanjut dia, memberikan dampak cukup besar bagi perekonomian masyarakat yang sementara ini masih terdampakpandemi Covid-19. Meski dikerjakan oleh masyarakat, kata dia, tapi pengawasan tetap menjadi perhatian utama PT Nindya Karya.

"Kira-kira untuk pengerjaan fisiknya sudah mencapai 30 persen, kita tinggal menunggu pengerjaan utama yaitu pembangunan dermaga," ujar Erick.

Kawasan Taman Nasional Bunaken, menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Provinsi Sulawesi Utara, dengan jualan utamanya adalah wisata bawah laut.

 

Baca Juga

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA