Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Kota Malang Targetkan 100 Persen Vaksinasi pada Akhir Tahun

Kamis 14 Oct 2021 17:41 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ilham Tirta

Wali Kota Malang, Sutiaji.

Wali Kota Malang, Sutiaji.

Foto: Republika/Wilda Fizriyani
TNI dan kepolisian menyatakan siap berkolaborasi untuk menuntaskan target vaksinasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menargetkan tingkat vaksinasi dosis pertama dan kedua bisa mencapai 100 persen pada akhir 2021. Target ini penting diperoleh agar Kota Malang bisa mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

"Tapi ini juga sudah mendekati target, karena didukung kesadaran masyarakat yang tinggi,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji saat menghadiri acara "Vaksinasi Sebagai Upaya Herd Immunity Menuju Kehidupan Normal" di Kota Malang, Kamis (14/10).

Untuk mencapai hal tersebut, Sutiaji menilai, perlu adanya dorongan sinergi dan kolaborasi bersama dari berbagai komponen. Upaya ini penting dilakukan demi tercapainya kekebalan komunal di Kota Malang melalui vaksinasi.

Menurut Sutiaji, negara sudah hadir memberikan jaminan kesehatan guna mengurangi ancaman krisis karena pandemi Covid-19. Sebab itu, dia berharap agar kolaborasi bersama yang telah terjalin di Kota Malang dapat terus dikuatkan agar mampu memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Bicara vaksin dan vaksinasi, sinergi dengan Kapolresta, Dandim, dan jajaran nakes sudah lengkap. Tinggal bagaimana supaya kita membangun dan menguatkan kerja sama itu,” kata dia.

Pada kesempatan sama, turut hadir Komandan Kodim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadhona. Menurut Ferdian, vaksinasi menjadi benteng untuk menghadapi Covid-19. Jajaran Kodim 0833 akan terus berupaya mendukung pemerintah daerah untuk mewujudkan kekebalan komunal di Kota Malang.

Hal serupa juga diungkapkan Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto. Menurut dia, dibutuhkan kolaborasi dan kerja sama untuk mencapai kekebalan komunal di Kota Malang. Pencapaian-pencapaian vaksinasi ini bertujuan agar dapat menekan penyebaran Covid yang ada di wilayah Kota Malang.

"Dan kami dari Polresta ini merupakan bagian dari tugas kami, membantu pemerintah dalam hal ini penuntasan Covid," kata dia.

Total kasus positif Covid-19 di Kota Malang telah mencapai 15.519 orang hingga 14 Oktober 2021. Dari jumlah tersebut, 14.383 orang dinyatakan sembuh dan 1.119 orang meninggal. Sementara itu, 17 orang lainnya masih dalam perawatan dan isolasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA