Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

LPEI Dorong UMKM Berdaya Saing Global

Kamis 14 Oct 2021 15:07 WIB

Red: Fuji Pratiwi

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank. LPEI menggelar pelatihan digital marketing agar pelaku UMKM tembus pasar global.

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank. LPEI menggelar pelatihan digital marketing agar pelaku UMKM tembus pasar global.

Foto: http://www.indonesiaeximbank.go.id/
LPEI menggelar pelatihan digital marketing agar pelaku UMKM tembus pasar global.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau Indonesia Eximbank terus mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kapasitas. Hal itu agar UMKM dapat bersaing di pasar global.

Salah satu upaya untuk menambah kompetensi para pelaku UMKM tersebut yaitu dengan memberikan berbagai pelatihan. Kali ini LPEI memberikan pelatihan pemasaran digital kepada 52 pelaku UMKM asal Kendal, Jawa Tengah. Direktur Pelaksana II LPEI Maqin U. Norhadi mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bagian dari program Coaching Program for New Exporter (CPNE) berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal.

Pelatihan ini dalam rangka mendorong pelaku UMKM dan komoditas unggulan daerah untuk masuk ke pasar internasional serta mampu meningkatkan ekspor Kabupaten Kendal. CPNE dirancang untuk memberikan pelatihan secara sistematis dan berkelanjutan. Artinya para peserta dibimbing dengan berbagai modul pelatihan dari mulai pelatihan dasar hingga tingkat lanjut selama satu tahun.

"Sehingga diharapkan para pelaku UMKM dapat menjadi eksportir baru yang benar-benar siap bersaing di pasar global," ujar Maqin dalam keterangan di Jakarta, Kamis (14/10).

Pergeseran aktivitas pemasaran dan perdagangan pun terjadi. Pelaku usaha kini mengandalkan saluran digital dengan menerapkan strategi pemasaran secara online atau sebagai digital marketing.

Dalam pelatihan tersebut, salah satu eksportir yang juga lulusan CPNE 2015, Sumhaji, membagikan pengalaman dan tips memanfaatkan media sosial sebagai saluran pemasaran bisnis. Ia juga mengajarkan memanfaatkan lokapasar global (global marketplace), serta menyusun strategi pemasaran digital sehingga dapat menarik minat calon pembeli dari luar negeri.

Menurut Sumhaji, saat ini strategi pemasaran digital memiliki peran penting bagi para pelaku UMKM. "Terlebih di tengah kebijakan pembatasan mobilisasi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," ujar Sumhaji.

Selain digital marketing, peserta juga diberikan pemahaman tentang metode pembayaran internasional serta informasi mengenai akses pembiayaan ekspor di LPEI.

 

Baca Juga

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA