Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Himakom FISIP UMJ Gelar Program Pemberdayaan Desa

Kamis 14 Oct 2021 12:49 WIB

Red: Hiru Muhammad

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Himakom FISIP UMJ), melaksanakan kegiatan sosialisasi Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D).   Program PHP2D dibuka melalui acara sosialisasi pemaparan program kerja pada Senin, (11/9)  yang dihadiri Kepala Desa Kuripan beserta para jajarannya, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, perwakilan Karang Taruna, ketua RT dan RW setempat serta perwakilan warga desa.

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Himakom FISIP UMJ), melaksanakan kegiatan sosialisasi Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D). Program PHP2D dibuka melalui acara sosialisasi pemaparan program kerja pada Senin, (11/9) yang dihadiri Kepala Desa Kuripan beserta para jajarannya, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, perwakilan Karang Taruna, ketua RT dan RW setempat serta perwakilan warga desa.

Foto: istimewa
Nantinya Desa Kuripan akan menjadi Desa Binaan Universitas Muhammadiyah Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Himakom FISIP UMJ), melaksanakan kegiatan sosialisasi Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa (PHP2D). 

Program PHP2D dibuka melalui acara sosialisasi pemaparan program kerja pada Senin, (11/9)  yang dihadiri Kepala Desa Kuripan beserta para jajarannya, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, perwakilan Karang Taruna, ketua RT dan RW setempat serta perwakilan warga desa.

Kegiatan tersebut bertempat di kantor Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Desa Kuripan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Jodhi Hermawansyah selaku ketua pelaksana dari program PHP2D menjelaskan, program PHP2D ini sebagai wadah untuk menumbuhkan rasa peduli kepada masyarakat desa, sehingga tercipta desa yang aktif, mandiri, dan sejahtera.

"Tujuan tim PHP2D adalah untuk membangun Bumdes berbasis digital, yang nantinya diharapkan melalui berbagai program yang kita rencanakan, mampu membuat BUMDes menjadi sentra peningkatan ekonomi masyarakat desa dan kesejahteraan desa,"katanya. 

Hal tersebut dilakukan dengan memaksimalkan sumber daya alam desa sehingga menciptakan nilai jual lebih sehingga Desa Kuripan dapat diketahui oleh masyarakat Indonesia secara luas."ujar Jodhi. 

Dosen pendamping Program PHP2D sekaligus Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si  dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/10) menyampaikan  PHP2D menjadi wadah untuk memberdayakan potensi masyarakat Desa Kuripan sekaligus menjadi sarana mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi mengaplikasikan ilmunya di bangku kuliah dengan program digitalisasi BumDes melalui pembuatan website, video profile desa dan sosialisasi pemasaran digital kepada warga. "Nantinya Desa Kuripan akan menjadi Desa Binaan Universitas Muhammadiyah Jakarta sehingga keberlangsungan berbagai program akan terus berlanjut", paparnya. 

Kepala Desa Kuripan, Siti Aswat Narulita dalam sambutannya menyampaikan antusiasme dan harapan besar terwujudnya berbagai program PHP2D sehingga bisa membawa Desa Kuripan lebih maju dan membawa manfaat bagi kesejahteraan warga desa.

Pada kesempatan tersebut  juga dilaksanakan pendatanganan MoU antara Desa Kuripan dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta guna berbagai pengembangan kegiatan seperti penelitian, pengabdian masyarakat dan pembelajaran melalui program bina desa bagi mahasiswa. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA