Kamis 14 Oct 2021 10:21 WIB

Larangan Merendahkan Sesama Muslim

Sesama Muslim jangan saling merendahkan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Larangan Merendahkan Sesama Muslim. Foto:   Toleransi (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Larangan Merendahkan Sesama Muslim. Foto: Toleransi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jangan sekali-kali merendahkan dan menghina orang lain apalagi terhadap sesama Muslim. Karena setiap Muslim itu adalah saudara. Dan setiap Muslim mempunyai tanggungjawab untuk menjaga kehormatan, keamanan, dan keselamatan saudara Muslim lainnya. Sebab boleh jadi orang yang dihina, diremehkan, dizalimi itu memiliki ketakwaan yang tinggi di sisi Allah. 

Bila ada seorang Muslim yang meremehkan, merendahkan, menghina saudara Muslim lainnya, maka sejatinya perbuatan itu sudah menggolongkannya pada orang yang berbuat kejahatan. 

Baca Juga

Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ dalam sebuah hadits yang dapat ditemukan juga dalam kitab at Targib wat Tarhib:

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :اَلْمُسْلِمُ أَخُوْالْمُسْلِمِ لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يَخْذُلُهُ وَلَا يَحْقِرُهُ التَّقْوَى هَهُنَا, اَلتَّقْوَى هَهُنَا, اَلتَّقْوَى هَهُنَا,وَيُشِيْرُ اِلَى صَدْرِهِ بِحَسْبِ امْرِئ ٍمِنَ الشَّرِّأَنْ يَحْقِرَاَخَاهُ الْمُسْلِمَ كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَعِرْضُهُ وَمَالُهُ.

Rasulullah ﷺ bersabda : Orang Muslim itu saudara sesama Muslim. Dia tidak menzalimi dan tidak menghinanya, dan tidak meremehkannya. Takwa itu disini, takwa itu disini, nabi sambil menunjuk ke arah dada. Cukuplah seseorang jahat apabila orang itu meremehkan saudaranya sesama Muslim, setiap Muslim bagi Muslim lainnya haram darahnya (tidak boleh disakiti apalagi dibunuh), haram kehormatannya (tidak boleh dihina, direndahkan), dan haram hartanya (tidak boleh dirampas) HR Muslim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement