Friday, 23 Rabiul Awwal 1443 / 29 October 2021

Friday, 23 Rabiul Awwal 1443 / 29 October 2021

Putin: Militan Irak dan Suriah Aktif Masuki Afghanistan

Kamis 14 Oct 2021 06:32 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kelompok militan di Irak dan Suriah secara aktif memasuki Afghanistan. Ilustrasi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kelompok militan di Irak dan Suriah secara aktif memasuki Afghanistan. Ilustrasi.

Foto: AP/Evgeny Paulin/Pool Sputnik Kremlin
Putin khawatir ketidakstabilan di Afghanistan dapat meluas ke Asia Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kelompok militan di Irak dan Suriah secara aktif memasuki Afghanistan. Menurutnya, hal itu membuat situasi di negara tersebut tak mudah.

"Militan dari Irak, Suriah, dengan pengalaman dalam operasi militer secara aktif ditarik ke sana," kata Putin dalam konferensi video dengan kepala dinas keamanan negara-negara bekas Uni Soviet pada Rabu (13/10) dikutip laman Al Arabiya.

Putin menyebut, ada kemungkinan teroris berupaya mengacaukan situasi di negara-negara tetangga. Ia pun memperingatkan mereka dapat mencoba ekspansi langsung.

Putin telah berulang kali memperingatkan tentang anggota kelompok ekstremis yang memanfaatkan gejolak politik di Afghanistan untuk menyeberang ke negara tetangga bekas Soviet sebagai pengungsi. Ia khawatir ketidakstabilan di Afghanistan dapat meluas ke Asia Tengah di mana Rusia memiliki pangkalan militer.

Setelah Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pada pertengahan Agustus lalu, Rusia menggelar latihan militer dengan Tajikistan. Moskow diketahui memiliki pangkalan militer di Tajikistan. Latihan serupa turut digelar dengan Uzbekistan. Taliban telah mengatakan mereka tidak menimbulkan ancaman bagi negara-negara Asia Tengah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA