Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Mualaf Denny, Gemetar dan Pingsan Mendengar Suara Adzan

Kamis 14 Oct 2021 05:45 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Mualaf Denny (kanan) mempunyai pengalaman tersendiri dengan adzan.

Foto:
Mualaf Denny mempunyai pengalaman tersendiri dengan adzan

Memasuki hari kelima bulan Ramadhan, Denny merasakan pengalaman yang sukar dilupakannya, bahkan sampai hari ini. Malam itu, suara adzan terdengar dari menara-menara masjid di dekat rumahnya. Kumandang itu terasa syahdu. Tiba-tiba, dari radio yang disetelnya berkumandang pula panggilan adzan. Akan tetapi, bagi Denny sendiri, suara adzan di radio memberikan sensasi yang berbeda. Ia pun gemetar dan pingsan. 

Kejadian itu membuatnya banyak merenung. Akhirnya, pada hari-hari terakhir Ramadhan ia mengungkapkan pengalamannya ke pada Ustaz Rahmat. Sang dai kemudian memintanya untuk tidak tidur pada malam itu. Tetaplah terjaga hingga subuh tiba. Selama waktu itu, fokuskan pikiran hanya untuk mengingat Tuhan.

Dia pun melakukan saran itu. Entah mengapa, di dalam kamar Denny merasakan keharuan yang besar dalam dadanya. Ada seperti kerinduan batin untuk menyapa-Nya. Malam itu juga, dia memutuskan untuk berwudhu dan bersujud. Tidak ada Tuhan selain Engkau, ya Allah, gumamnya dengan penuh yakin 

Keesokan harinya, Denny melaporkan apa yang sudah dialami dan dilakukannya tadi malam kepada Ustadz Rahmat. Sang ustadz lalu mengucapkan hamdalah. Barulah kemudian Denny mengetahui, malam itu diduga kuat sebagai Lailatul Qadar, malam yang penuh kemuliaan. Sebabnya dugaan itu, momen tersebut bertepatan dengan malam 27 Ramadhan. 

Dia ceritakan kisahnya kembali, tanpa meminta atau mengajaknya untuk memeluk Islam. Ustadz itu hanya memintanya untuk mencari tahu sendiri, bertanya kepada nuraninya yang terdalam. Sebelum Idul Fitri, tekad Denny pun sudah bulat untuk menjadi Muslim. Setelah Lebaran, dia segera pergi ke rumah sunat untuk berkhitan. Beberapa hari kemudian, secara resmi dia mengikuti proses syahadat, yang disaksikan jamaah dan dibimbing ustadz. 

Baca juga : Masjid Arab Saudi Segera Diramaikan Penghafal Alquran

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA