Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Selenggarakan Acara Besar, Panitia Harus Lakukan 5 Hal Ini

Kamis 14 Oct 2021 05:01 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Ratna Puspita

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro

Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Lima langkah itu termasuk melakukan tes kesehatan sampai penggunaan PeduliLindungi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penyelenggaraan acara besar tanpa persiapan yang matang di tengah pandemi Covid-19 saat ini dikhawatirkan akan memicu kenaikan kasus baru karena melibatkan banyak masyarakat. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan, terdapat lima persiapan penting yang perlu dilakukan jika ingin menyelenggarakan acara besar saat pandemi.

Pertama, yakni mempersiapkan penyelenggaraan acara secara matang dan jauh-jauh hari agar Satgas dan aparat keamanan setempat serta warga dapat terlibat penuh untuk mengantisipasi terjadinya penularan kasus. “Termasuk kemungkinan masyarakat yang menonton dari jauh yang dapat menimbulkan kerumunan berisiko tinggi,” kata Reisa saat konferensi pers, Rabu (13/10).

Baca Juga

Kedua, yakni memastikan semua screening atau tes kesehatan dilakukan kepada semua panitia yang terlibat. Tes antigen ataupun PCR diberikan kepada panitia inti serta mengimbau agar hanya warga yang sehat dan sudah divaksinasi yang dapat terlibat dalam acara besar.

Ketiga, pemberlakuan scan QR PeduliLindungi di titik masuk acara serta menyediakan fasilitas cuci tangan dan sabun, dan memberlakukan wajib bermasker. Keempat, menempatkan berbagai spanduk, baliho, atau poster serta adanya peringatan dari pemandu acara untuk selalu mengingatkan disiplin prokes.

“Kelima. Sama pentingnya dengan persiapan, pemantauan kesehatan para panitia dan orang-orang yang terlibat dalam acara tersebut juga perlu dilakukan,” tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA