Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Musisi Korut Pakai Kaos Gambar Wajah Kim Jong-un

Rabu 13 Oct 2021 18:51 WIB

Rep: Lintar Satria/Fergi/ Red: Teguh Firmansyah

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un

Foto: VOA/AFP
Orkestra itu tampil dalam acara pembukaan pameran pertahanan yang dihadiri Kim.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Seorang anggota orkestra yang tampil di acara resmi pemerintah Korea Utara (Korut) pekan ini memakai kaos gambar wajah Pemimpin Kim Jong-un. Pengamat mengatakan peristiwa ini mungkin pertama kalinya terjadi.

Dalam video yang ditayangkan stasiun televisi Korean Central TV Broadcasting Station terlihat seorang konduktor mengenakan kaus putih dengan gambar wajah Kim Jong-un di depannya. Orkestra itu tampil dalam acara pembukaan pameran pertahanan yang dihadiri Kim.

"Sangat amat jarang bila tidak pernah terjadi sebelumnya, Korut mencetak kaus gambar wajah pemimpin Kim," kata pengamat dari lembaga pemantau Korut di Amerika Serikat (AS), 38 North, Rachel Minyoung Lee, Rabu (13/10).

Warga Korut kerap memakai lambang dengan wajah pemimpin negara. Tapi negara itu memperlakukan foto, lukisan dan gambar-gambar pemimpin yang sudah berkuasa selama tiga generasi dengan sangat hati-hati.

"Foto dan gambar pemimpin-pemimpin keluarga Kim sangat sakral di Korea Utara, gambar-gambar itu tidak boleh dicoret-coret, dilipat atau dirusak dengan cara apa pun, dengan mengingat itu, saya membayangkan kaus yang dipakai penampil hanya dipakai sekali di acara khusus, tidak dikenakan dan dicuci sehari-hari," kata Minyoung Lee.

Pemeran pertahanan memperlihatkan serangkaian senjata Korut. Tapi juga menampilkan foto dan gambar-gambar Kim.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA